Tampak pedagang souvenir yang berjualan di dermaga jembatan kuning, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura sedang melayani pembeli.

 675 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Pedagang souvenir yang berjualan di dermaga jembatan kuning, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura panen rejeki dari para peserta sarasehan yang akan naik speedboat ke lokasi sarasehan di Kampung Hobong.

Sebelum ke Kampung Hobong, peserta sarasehan terlebih dahulu membeli berbagai souvenir khas daerah tersebut dari para pedagang, seperti tas noken, topi sula, anting-anting, gelang dan tusuk konde.

“Kalau hari-hari biasa memang selalu ada yang laku, baik tas noken, topi sula maupun gelang, tapi saat ini sangat berbeda dengan hari-hari biasa,”ujar Anache Ibo, salah seorang pedagang souvenir saat ditemui pewarta, Rabu (26/10) malam.

Menurutnya, kegiatan sarasehan dalam rangka kongres masyarakat adat nusantara (KMAN) memberikan dampak yang sangat positif bagi para pedagang souvenir.”Ini cukup lumayan dengan adanya KMAN. Laris manis,”seru Anache.

Kondisi tersebut, kata Anache, sangat terasa pada saat hari pertama kegiatan sarasehan. Sebab, pada saat itu banyak peserta yang berasal dari berbagai komunitas adat nusantara yang berjumlah sekitar 185 orang.

“Sebelum naik speedboat, banyak peserta sarasehan yang mampir di lapak untuk beli souvenir, dan yang paling laris adalah tas noken. Ini menjadi sebuah kebanggan buat kami sebagai tuan rumah KMAN. Kitong senang,”seru Anache.

Di hari pertama sarasehan pada Selasa (25/10), pendapatannya dari menjual souvenir bisa mencapai Rp.600 ribu hingga Rp.700 ribu per hari. Untuk souvenir yang ia jual seperti topi sula yang terbuat dari bulu kasuari harganya disesuaikan dengan ukuran, dengan kisaran harga Rp.50 ribu-Rp.200 ribu.

“Kalau tas-tas noken itu ada yang harga Rp.200 ribu, Rp.100 ribu, Rp. 80 ribu dan Rp.50 ribu. Tapi, kalau untuk tusuk konde itu harganya Rp.50 ribu, dan anting-anting ada yang harga Rp.35 ribu dan Rp. 25 ribu,”tutup Anache.

Berita lain untuk anda

Orang Tua Diajak Rutin Bawa Balitanya ke Posyandu

 1,910 total views (dibaca)  1,910 total views (dibaca) Ambon, TN – Duta Parenting Provinsi Maluku, Widya Murad…

Kasat Lantas Merauke Imbau Korban Kecelakaan Untuk Mengambil Kendaraannya

 1,897 total views (dibaca)  1,897 total views (dibaca) Merauke, TN – Kasat Lantas Polres Merauke, Iptu Ferry…

Dinkes Ambon Keluarkan SE Larang Apotek dan Toko Obat Jual Obat Sirup

 895 total views (dibaca)  895 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon telah…

Pimpinan MPR RI Segera Bersurat Ke DPD RI Terkait Pergantian Fadel Muhammad

 2,650 total views (dibaca)  2,650 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama…

Kasihiw : Maksimalkan Dana Padat Karya dan DD Untuk Pangan Masyarakat

 1,457 total views (dibaca)  1,457 total views (dibaca) Bintuni,TN- Untuk membantu keberlangsungan kehidupan masyarakat di tengah pandemi…

Sambut HUT Bhayangkara, Polres Sorong Kota Gelar Rapid Tes Gratis

 1,503 total views (dibaca)  1,503 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG -Sambut HUT Bhayangkara ke -74, Polres…

BKKBN Sikapi Jumlah 8 Miliar Penduduk Dunia dengan PTS

 101 total views (dibaca) Dilaporkan: Muhammad Fadli

Pembukaan Akses Jadi Ancaman, Gustu C-19 Didesak Ambil Langkah

 1,466 total views (dibaca)  1,466 total views (dibaca) Manokwari,TN- Pemerintah pusat (Pempus) berencana akan membuka akses sosial…

Wali Kota Akui Penyebaran Covid-19 di Ambon Meningkat Tajam

 1,477 total views (dibaca)  1,477 total views (dibaca) Ambon, TN – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku,…

Ini Visi-Misi PMK2 Jilid II Pro Rakyat

 1,697 total views (dibaca)  1,697 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI– Setiap kandidat yang ingin menjadi pemimpin harus punya…