Berita

Patung Dan Gapura Bandara Domine Eduard Osok Sorong Senilai Rp2 Miliar Lebih Diresmikan

×

Patung Dan Gapura Bandara Domine Eduard Osok Sorong Senilai Rp2 Miliar Lebih Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Walikota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M, bersama Forkopimda plus di patung Domine Eduard Osok Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau meresmikan patung dan gapura Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, pelataran parkir Bandara DEO Sorong, Selasa 1 Maret 2022.

Kepala Bandara DEO Sorong Cece Tarya, ST. MA., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menghadirkan fasilitas-fasilitas pelayanan melalui kreativitas dan inovasi yang berkualitas dalam rangka memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh pengguna jasa, umumnya masyarakat Sorong.

Diungkapkan Cece, nama Bandara Domine Eduard Osok ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No 44 tahun 2005 dimana sejak pemindahan Bandara dari Jefman ke Kota Sorong. Untuk anggaran, patung dan gapura tersebut menelan biaya hingga Rp2,1 Miliar.

4908
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Anggarannya Rp2,1 Miliar, mulai dari patung, pintu gerbang sampai pelebaran jalannya. Untuk tinggi patung kalau dari jalan sekitar 10,75 meter, kalau tinggi patung 50 persennya berarti 5,25 meter dari kaki sampai ke atas,”terang Cece.

“Monumen ini di belakangnya nanti akan ada tulisan I love Sorong, bisa jadi destinasi wisata atau tempat sefie pengunjung. Ini akan menjadi monumen kebanggan, jadi kita akan hadirkan sesuatu yang luar biasa supaya kita tidak ketinggalan dengan wilayah lainnya,”tambah Cece.

Sementara itu, walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, MM., dalam sambutannya mengatakan bahwa ia memberikan apresiasi kepada kantor UPBU kelas 1 DEO Sorong atas inisiasi dibangunnya tugu salah satu tokoh perintis Injil masuk Kota Sorong itu.

Menurut Lambert, pemberian nama pada Bandara DEO Sorong sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap Tokoh Moi selaku masyarakat asli Sorong.

“Ini merupakan salah satu filosofi dimana bumi itu dipijak di situ langit itu dijunjung, dan hari ini merupakan momentum yang baik sekali berkaitan dengan dua hari ulang tahun yaitu ulang tahun Kantor UPBU Kelas I Domine Eduard Osok Sorong yang ke-17 dan HUT Kota Sorong yang ke-22 Tahun,”pungkas Lambert.

“Saya berharap dengan adanya peresmian Patung dan Gapura ini, akan memperindah wajah Bandara DEO Sorong, disamping itu patung ini akan menjadi situs sejarah tentang Tokoh Moi yang merupakan perintis sekaligus hamba Tuhan di Kota sorong yang kita cintai bersama Ini”, pungkas Walikota.