Pattimura Day ke 205 Ikemal Cabang Merauke Gelar Beragam Kegiatan

Ketua Panitia Patimura Day 205 Tahun 2022, Soleman Jambormias. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Cabang Merauke, merayakan Pattimura Day ke 205 dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan guna mempererat dan mempersatukan seluruh orang Maluku di tanah rantau.

Tema yang diusung adalah Suara Damai dari Ufuk Timur Indonesia Untukmu Maluku. Tema ini digaungkan agar orang Maluku tetap kompak untuk bersatu turut serta dalam membangun Kabupaten Merauke ke depan.

“Ada banyak kegiatan yang kita lakukan, akan ada pentas seni budaya, pameran makanan lokal dan karya lokal Maluku dan menampilkan seni budaya masing-masing,” ujar Ketua Panitia Pattimura Day 205, Soleman Jambormias, Seni (9/5/2022).

Di puncak kegiatan tanggal 15 Mei nanti akan menghadirkan artis lokal asal Maluku, Gubernur dan Bupati Maluku dan juga mengadakan pawai obor Patimura. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang kembali perjuangan Pahlawan Patimura mempertahankan Maluku sebagai bagian dari NKRI.

Semangat tersebut harus dilanjutkan oleh para Patimura penerus masa kini dan masa yang akan datang. Soleman mengatakan, peran orang Maluku pertama di Merauke adalah sebagai guru dan guru agama. Untuk itu peringati Patimura Day kali ini lebih pada mengajak semua pihak bersatu padu membangun negeri bersama orang Marind dan menjaga kedamaian dalam satu bingkai NKRI.

“Kebersamaan orang Maluku tidak membedakan suku, ras maupun agama. Tradisi Maluku setiap hari raya baik kristen maupun muslim, kedua penganutnya sama-sama merayakan dan berperan mendukung mensukseskan dan meramaikannya. Tali persaudaraan ini sangat kuat yakni budaya Pelan Gandong yang sudah terpatri dalam diri rakyat Maluku. Kalau hari raya muslim kita orang Kristen yang ketua panitia, begitupun sebaliknya,” tutur Soleman.