Berita

Pastikan Ketersediaan Bapok, Pemprov Kalsel Sidak Sejumlah Pasar

×

Pastikan Ketersediaan Bapok, Pemprov Kalsel Sidak Sejumlah Pasar

Sebarkan artikel ini
Pemprov Kalsel saat melakukan sidak ke pasar Pasar Antasari dan Pasar Lima Banjarmasin, Rabu (16/11/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Untuk memantau dan meninjau ketersediaan dan harga bahan pokok, Dinas Ketahanan Pangan Kalsel bersama Dinas Perdagangan melakukan sidak pasar di Pasar Antasari, dan Pasar Lima Banjarmasin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Faturrahman saat dikonfirmasi terkait sidak pasar kali ini mengatakan, ketersediaan komoditi bahan pokok seperti cabai dan bawang dalam kondisi tersedia.

“Kita lihat untuk cabai merah dan rawit pasokan tersedia cukup dan harganya masih di bawah harga acuan penjualan,” kata Fathurrahman kepada wartawan, di Banjarmasin, Rabu (16/11/2022).

4907
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Akan tetapi menurutnya, untuk beras lokal informasi dari distributor besar pasokannya kurang, lantara pengiriman yang biasanya setiap minggu dua kali, sekarang seminggu sekali bahkan sebulan sekali.

“Memang dari distribusinya kurang masuk ke pedagang, sehingga harganya cukup naik untuk beras lokal. Adapun untuk beras unggul dari Jawa lancar dan masih banyak stoknya,” ujarnya.

Ia menuturkan, alasan beras lokal sedikit tersendat, lantaran produksi beras lokal yang kurang. Karena keperluan Kalsel setiap bulannya 32 ribu 500 ton, sementara surplus Kalsel 62 ribu ton.

“Artinya surplusnya cukup sampai untuk 1 bulan setengah saja. Jadi bahaya juga kalau tidak ada panen di Januari dan Februari hanya satu bulan kelebihannya. Amannya dua kali lipat dari kebutuhan penduduk kita,” katanya.

Untuk itu, ia ingin melakukan koordinasi kepada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, agar petani di Kalsel bisa menanam di Oktober-November, agar bisa dipanen pada Januari-Februari.

“Selain itu, upaya kami juga akan menjajaki apakah ke distributor atau pengecer untuk bahan pokok yang mahal akan disubsidi. Untuk itu, kami masih mencari polanya agar harga dipasaran terjangkau,” pungkasnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk komoditi daging dan kedelai juga mengalami kenaikan harga di atas harga acuan penjualan yakni Rp14 ribu-15 ribu, yang seharusnya acuan penjualan sebesar Rp 12 ribu.