Papua Perpanjang Libur Hingga 14 April

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, DR TEA Hery Dosinaen. Foto-Ist/TN

Jayapura, TN – Pemerintah provinsi Papua memperpanjang waktu pembatasan masuk keluar orang, pembatasan aktivitas masyarakat, dan perpanjangan waktu  kerja di rumah (Working From Home). Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 440/3705/SET  yang ditandatangani oleh Sekertaris Daerah (Sekda)  Provinsi Papua,  T.E.A Hery Dosinaen.

“Kami sudah melakukan perpanjangan waktu sampai dengan hari Senin 13 April 2020 dan tanggal 14 April  pegawai masuk seperti biasa,” kata Sekda.

Sekda menjelaskan, waktu libur diberikan per  tanggal 1 hingga 9 April untuk bekerja di rumah, selanjutnya pada 10 April adalah hari libur Wafat Isa Almasih (Jumat Agung), ditambah dengan libur fakultatif mulai  11 hingga 13  April.

“Kemungkinan ini akan dievaluasi kembali, menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan situasi kedepan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk akses masuk dan keluar Papua juga masih diberlakukan. tentunya, hal tersebut sebagai langkah kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka meminimalisir penyebaran covid-19 di Bumi Cenderawasih.

Meski demikian, Sekda kembali menegaskan, bahwa langkah pembatasan yang diambil Pemprov Papua bukan lockdown. Sifatnya, lanjut Sekda, hanya pembatasan sosial yang di perluas dengan berbagai konsekuensi.

Ia berharap, masyarakat dapat memahami langkah yang di ambil pemerintah, sebab pembatasan sebagai langkah pencegahan, agar wabah Covid-19 tidak melebar.

“Kita di Papua apapun saat ini semua kondisi bisa. Tidak ada masalah. Logisitik masih ada jadi orang mau makan keladi dan ubi masyarakat tidak ada masalah, di Papua tetap hidup. Yang terpenting sekarang, kita tutup dulu arus penumpang masuk ke dalam maupun keluar Papua. Sehingga semuanya itu bisa terkontrol,” jelasnya.