Pangdam Kasuari Kunjungi Prajuritnya di Kaimana

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos Saat memberikan Arahan di hadapan prajuritnya. Foto ist

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos dan Jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Kodim 1804/Kaimana dan Yonif 764/Iamba Baua Kabupaten Kaimana Papua Barat Selasa (19/7/2022).

Dalam pertemuan tatap muka dengan prajuritnya dari Kodim 1804/Kaimana dan Yonif 764/Iamba Baua, Pangdam menjelaskan dua hal penting kepada prajuritnya, dua hal penting yang disampaikan yakni, Pembinaan Satuan (Binsat) dan Pembinaan Teritorial (Binter) agar kedaulatan RI tetap terjaga dan memberikan perlindungan kepada rakyat.

“Kedepan harus ada peningkatan dalam berbagai macam aspek namun tetapi untuk prajurit ada dua hal yaitu pembinaan satuan (Binsat) dan pembinaan territorial (Binter). Berbicara Binsat dengan segala keterbatasan dan umur satuan dalam kondisi apapun di dalam pikiran dan hati kita hanya tugaslah yang paling utama, agar memastikan wilayah NKRI baik itu kedaulatannya tetap terjaga kemudian yang kedua kita harus terus memastikan perlindungan terhadap bangsa yaitu masyarakat,” ujar Pangdam VIII/Kasuari.

Pangdam katakan dua satuan andalan Kodam yang berada di Kabupaten Kaimana yakni Kodim 1804/Kaimana dan Yonif 764/Iamba Baua adalah satuan yang memiliki kekuatan dahsyat. Tidak diragukan dan saya yakin bahwa prajurit-prajurit kebanggaan baik itu Kodim maupun Batalyon sudah banyak berinteraksi dengan lingkungan dan pasti sudah memberikan sumbangsih.

Jenderal bintang dua lulusan Akmil 1990 ini menyampaikan untuk Binsat yang pertama adalah profesional yang menjadi titik utama standar dan konsep Binsat bisa terpelihara dengan adanya pembinaan yang baik.

“Berikan kontribusi yang positif dan berarti dengan keberadaan kita di sini, pastikan perlindungan terhadap masyarakat, serta mampu memberikan sumbangsih dalam membantu percepatan pembangunan di daerah ini, selain itu berinteraksi dan berkolaborasi dengan semua komponen bangsa yang ada,” jelasnya.

Pangdam juga berikan penghargaan kepada prajurit berprestasi, Ikut dalam kegiatan ini, Irdam, Kapoksahli Pangdam, Danrem 182/JO, para Asisten Kasdam, Dandim 1804/Kaimana, Danyonif 764/IB dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari dengan pengurusnya.

Di akhir dari penyampaiannya, ia berpesan dengan adanya para prajurit sekalian di tanah Papua Barat, tanah yang terberkati dan sebagai prajurit yang terpilih harus mengetahui bagaimana menentukan cara berfikir yang baik.