Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Onesimus Kambu. Foto: Istimewa

 7,717 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Anggota Komisioner KPU Provinsi Papua Barat, Onesimus Kambu,ST,MT telah tutup usia saat pulang ke kampung halaman di dusun Smy kampung Kambuskato distrik Ayamaru Timur Selatan kabupaten Maybrat, Papua Barat, Senin (2/2/ 2022)

Menurut kepala kampung Kambuskato. Oktovianus Kambu saat dirinya dalam perjalanan pulang tepatnya di pinggir jalan Dusun Smy kampung Kambuskato melihat seperti ada orang yang tertidur tengkurap posisi ditengah jalan.

Kemudian Oktovianus Kambu tanpa mengecek identitas orang tersebut langsung pergi ke kampung memberitahukan kepada masyarakat di kampung untuk datang dan melihat kondisi orang yang dilihatnya tadi di dusun Smy Distrik Ayamaru Timur Selatan, karena dikhawatirkan akan terjadi apa-apa terhadap orang tersebut.

“Saya bertemu dengan saudara Jemmy dan saudara Marten, dan menyampaikan bahwa coba kamu kembali lihat ada orang yang mabuk dan tertidur di jalan di Dusun Smy, karena kita tidak tahu itu orang siapa,” ujar Oktovianus Kambu

Selanjutnya Oktovianus Kambu bersama tiga orang warga datang ke kampung Kambuskato dan memperoleh informasi dari Petronela Isir jika anaknya, Onesimus Kambu baru saja datang dari Sorong. Mengetahui informasi tersebut Oktavinaus bersama rekannya menduga orang yang terbaring ditengah jalan tersebut adalah Onesimus Kambu.

Selanjutnya bersama Petronela Isir, Oktavianus Kambu dan tiga warga lainya beserta saksi, langsung menuju ke dusun Smy untuk melihat langsung kondisi yang diduga Onesimus Kambu.

“Sesampainya di lokasi di dusun Smy, warga masyarakat termasuk ibu Petronela Isir langsung melihat kondisi orang yang tergeletak di jalan, bahwa ternyata orang tersebut adalah anak Onesimus Kambu dan juga anak kandung dari ibu Petronela Isir itu sudah dalam keadaan tidak bernyawa,” jelas Oktavianus Kambu kepada media ini.

Selanjutnya, warga kampung Kambuskato dan seluruh keluarga yang ada di wilayah Ayamaru Raya langsung ke dusun Smy untuk melakukan doa bersama dan mengevakuasi jenazah almarhum Onesimus Kambu dengan menggunakan mobil pribadi milik keluarga almarhum ke kampung kambuskato.

Yustinus Kambu, kakak kandung almarhum menegaskan pihaknya sekeluarga menerima kematian adiknya yang secara tiba-tiba dan tidak wajar itu.

“Kami keluarga menolak untuk almarhum diotopsi untuk mencari penyebab kematian tersebut, tetapi kami serahkan semua itu kepada Tuhan Yesus Biarlah Tuhan yang menjawab semua penyebab kematian itu, Kata Yustinus Kambu.

“Kami keluarga terima kenyataan itu dan serahkan kepada Tuhan yang akan menjawab atas kematian adik kami yang tidak sewajar itu,kami yakin bahwa Tuhan pasti menjawab semua itu,” imbuh Yustinus Kambu.

Kepergian almarhum onesimus Kambu itu membawa duka yang mendalam bagi keluarga besar yang ditinggalkan. Almarhum dikenal sebagai seorang yang sangat baik ditengah-tengah keluarga, Masyarakat bahkan di instansi KPU Papua Barat.

Onesimus Kambu dilantik bersama rekan-rekannya oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Arief Budiman secara virtual Selasa (4/8/2020). Ones bersama rekan-rekannya, Paskalis Semunya, Abdul Halim Shidiq, Fatmawati, Norbertus, Abdul Muin Salewe, Amus Atkana, dan Endang Wulandari mengemban tugas sebagai komisioner KPU Provinsi Papua Barat periode 2020-2025.

Rencana jenazah almarhum Onesimus Kambu anggota KPU Papua Barat itu akan makamkan di kampung halamannya di Kambuskato distrik Ayamaru Timur Selatan kabupaten Maybrat .