Olah TKP Kasus Penembakan Anggota TNI oleh KKB, Polisi Temukan Ini

Olah TKP yang dilakukan Penyidik Polres Yahukimo kasus penembakan anggota TNI oleh KKB di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Foto : Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Pihak Kepolisian menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap anggota TNI Kodim 1715/Yahukimo, Kamis (2/3/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H S.I.K M.Kom mengatakan, olah TKP tersebut menjadi salah satu langkah aparat untuk mengungkap pelaku serta mencari barang bukti.

“Olah TKP ini untuk mencari dan mengumpulkan keterangan, petunjuk, barang bukti, identitas tersangka, saksi/korban untuk kepentingan penyelidikan selanjutnya,”terang kabid humas dalam keterangannya.

Sesuai hasil olah TKP, lanjut kabid humas, ditemukan beberapa barang bukti dari TKP. Antara lain bercak darah yang diduga darah dari anggota KKB yang lari menuju hutan, sejumlah panah dan senjata tajam, sejumlah selongsong peluru, 2 unit motor, satu buah baju loreng bintang kejora, dan sejumlah tas noken yang berlambang bintang kejora.

“Selama olah TKP situasi aman terkendali, personel telah mengamankan sejumlah barang bukti yang selanjutnya dibawa ke Mapolres Yahukimo guna kepentingan penyelidikan,” terang Kombes Benny.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto mengatakan, saat ini situasi keamanan di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo relatif kondusif setelah terjadi aksi penembakan yang dilakukan KKB kepada 4 anggota TNI pada Rabu (1/3/2023).

Akibat kejadian tersebut, satu orang Prajurit TNI Pratu LW gugur, kemudian Dandim 1715/Yahukimo; Letkol Inf J.V. Tethool, Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak.”Situasi terkini masih aman kondusif, kita imbangi giat patroli,”ujar Kapolres Yahukimo.