Berita

ODP Meninggal Dunia di RSUD Tobelo

×

ODP Meninggal Dunia di RSUD Tobelo

Sebarkan artikel ini
Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) sementara menjalankan tugas. Foto-Ist/TN

Ternate, TN – Setelah menjalani perawatan selama 8 hari di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, seorang pasien yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19, di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) meninggal dunia, Minggu (19/4).

1472
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Juru Bicara satgas Covid-19 Kabupaten Halut, Deky Tawaris mengaku, ODP berjenis kelamin perempuan berumur 30 tahun yang berasal dari Kecamatan Malifut.

“Saat menjalani perawatan selama 8 hari di RSUD Tobelo kondisi fisik yang bersangkutan tidak menunjukan perubahan lebih baik, bahkan semakin memburuk, akibat sakit yang dideritanya. Statusnya jadi ODP, karena mempunyai kontak fisik dengan suaminya,” beber Deky saat dihubungi wartawan, dari Ternate, Senin (20/4).

Suami ODP sendiri, lanjut Deky, baru tiba dari Ternate, dan kemudian diisolasi mandiri di rumah. Namun nasib naas bagi sang pasien, karena menderita sakit dan gejalanya mirip dengan pasien yang positif Covid-19, sehingga harus diisolasi dan berstatus ODP.

“Namun, setelah diperiksa menggunakan rapid test hasilnya negatif. Para medis kemudian melakukan pemeriksaan ulang, ternyata pasien mengidap penyakit lain yang sudah cukup lama dideritanya, dan bukan terpapar Covid-19,” beber dia.

Rencananya, lanjut Deky, hari ini pasien itu akan di bawa pulang ke Kecamatan Malifut untuk dimakamkan. “Untuk berjaga-jaga, maka pemakaman akan dilakukan dengan SOP Covid-19,” tandas Deky.