Nyata Manfaatnya, Pemda Tambrauw Siap Dukung Penuh Implementasi JKN-KIS

Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem (Foto :Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan percayakan untuk memberikan kesejahteraan jaminan kesehatan seluruh masyarakat indonesia tanpa terkecuali. 

Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem menyatakan dukungan penuh pelaksanaan Program JKN-KIS yang telah memberikan dampak yang signifikan bagi warganya. Menurutnya melalui Program JKN-KIS, kini masyarakat Tambrauw dapat mememanfaatkan jaminan kesehatan yang bagus tanpa perlu memikirkan biaya pengobatan lagi.

“Dulu masyarakat kami masih berpikir dua kali kalau mau ke Puskemas atau rumah sakit karena terkendala biaya. Dengan adanya pelayanan dari JKN-KIS ini bisa saya bilang telah mengurangi sebagian besar beban yang dipikul oleh masyarakat,” jelasnya, Kamis (11/06).

Kabupaten Tambrauw sendiri merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat  yang telah memperoleh predikat Universal Health Coverage (UHC) dan telah mendaftarkan sebanyak 13.988 jiwa masyarakatnya sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD.

“Masalah kesehatan ini sangat penting sekali untuk masyarakat Tambrauw, karena jika mereka mau bekerja tapi kalau tidak sehat, mereka jadi tidak bisa bekerja. Program JKN-KIS ini dapat menyentuh langsung dan dapat dinikmati oleh masyarakat Tambrauw serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terpenting,” ucapnya.

Menurutnya, dengan masyarakat yang telah memiliki kartu JKN-KIS maka akan memudahkan mereka dalam menerima pelayanan kesehatan tanpa iur biaya. Ia berharap agar masyarakat mendapatkan pengobatan yang dapat dilayani dengan baik di fasilitas kesehatan, baik di Puskesmas maupun rumah sakit.

Gabriel menuturkan upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan Program JKN-KIS di kabupaten Tambrauw ialah dengan berupaya menyiapkan fasilitas-fasilitas baik dari sisi SDM dan sarana prasarananya. Termasuk upaya yang paling utama adalah dengan dilakukannya kerja sama dan koordinasi yang baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Sorong