Nono Sampono Tinjau Realisasi Dana Desa di Buru Selatan

Bursel, TN – Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono melakukan pengecekan realisasi dan  implementasi penggunaan dana desa di Kabupaten Buru Selatan.

Pengecekan itu dilakukan dalam rangka reses untuk meresap aspirasi masyarakat di kabupaten tersebut. Dalam reses itu, yang menjadi perhatian utama Wakil ketua DPD ini adalah implementasi dana desa dan pilkada serentak.

“Pertama saya ke pemda, topiknya ada dua yaitu implementasi dana desa dan pilkada. Turun ke bawa saya akan ke KPU dan Bawaslu untuk tindaklanjuti pertemuan kami dengan KPU dan Bawaslu RI bersama Mendagri, Menkumham, Kapolri dan Panglima TNI. Kami turun ke bawah untuk melihat persoalan di daerah. Saya ke Bursel, karena Bursel bagian dari satu daerah yang laksanakan pilkada serentak,” ungkap Nono kepada wartawan di Kantor KPU Bursel.

Ia berharap, semoga seluruh data yang diterimanya adalah data yang rill dan akurat sesuai yang terjadi di lapangan sehingga ketika di bawa ke pusat dapat diperjuangkan.

“Untuk anggaran pilkada, dari laporan yang disampikan pihak KPU, jika terjadi perpanjangan proses seperti ada gugatan sehingga harus berproses sampai ke pusat, maka harus ada anggaran yang tersedia untuk kondisi itu,” ujarnya.

Sementara untuk dana desa kata Sampono, hingga saat ini terus dikawal seputar SDM, perangkat desa dan kades, bahkan para pendaping dan tataran-tataran diatasnya.

“Tujuan utama dana desa kita adalah menurunkan angka kemiskinan, makanya kita mau lihat apakah dana ini bermanfaat atau tidak saat digunakan di desa-desa,” ucapnya.

Usai berkunjung ke KPUD Bursel, Sampono menyempatkan diri berkunjung ke Sekretariat DPC GAMKI Bursel dan masyarakat di Desa Fatmite.

Di GAMKI menyumbang sebuah wireless bluetooth dan sejumlah uang tunai untuk membantu organisasi tersebut. Bantuan itu diterima langsung oleh Ketua DPC GAMKI Alex Sigmarlatu dan disaksikan oleh fungsionaris DPC GAMKI Bursel.

Setelah memberikan sumbangan di GAMKI sekaligus menyerap aspirasi disana Sampono kemudian beranjak ke Desa Fatmite untuk bertatap muka dengan masyarakat di sana.

Disana Sampono juga menyerahkan sebuah Wireless bluotooth speaker kepada Masjid Ar-Rahman dan diterima langsung oleh Imam Masjid Y Alwi B Abubakar dan disaksikan oleh Kades Fatmite, Abdurahman Titawael. Bukan Hanya Wireless, Sampono juga berjanji akan menyumbakan karpet untuk mesjid yang sementara dibangun tersebut.