Berita

Negeri Rutung, Closing Ceremony Paket City Tour Sail 2 Indonesia 2022 di Kota Ambon

×

Negeri Rutung, Closing Ceremony Paket City Tour Sail 2 Indonesia 2022 di Kota Ambon

Sebarkan artikel ini
Negeri Rutung Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, salah satu tujuan peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, AMBON- Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Kota Ambon, Rustam Hayat mengungkapkan, Sail 2 Indonesia merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurutnya, kota Ambon menjadi kota ketiga yang disinggahi oleh peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022. Dalam perhelatan ke-18 kalinya, yacht rally tersebut mengambil rute dari Australia, Kepulauan Kei, Banda Naira, Ambon, Pulau Buru, Buton, Wakatobi, serta destinasi lainnya hingga berakhir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

“Ini merupakan kegiatan rally internasional yang tahun ini diikuti oleh 8 negara dan diperkirakan sekitar 17 hingga 22 yacht yang berpartisipasi,” ujarnya di sela-sela penyambutan peserta Sail 2 Indonesia, di Amahusu, Selasa (2/8/2022).

Dikatakan setelah acara penyambutan atau Welcome Ceremony di Negeri Amahusu dan Gala Diner di kediaman Wali Kota Ambon, peserta Sail 2 Indonesia yang difasilitasi oleh travel agent akan mengikuti sejumlah event yang diagendakan kepada peserta yacht rally.

City Tour akan dilaksanakan Rabu (3/8/2022), dengan Closing Ceremony di Negeri Rutung, kecamatan Leitimur Selatan. Nantinya akan digelar acara kesenian dan budaya oleh pemerintah negeri Rutung, karena itu termasuk dalam paket City Tour,” jelasnya.

Negeri Rutung sendiri akan menampilkan wisata adat dan budaya pada acara penyambutan rombongan peserta Sail 2 Indonesia 2022 dan juga tim Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 di tanah Lopurissa Uritalai itu.

Lewat acara penyambutan tersebut, akan ada tari-tarian yang merupakan ciri khas serta kearifan lokal masyarakat Negeri Rutung, seperti tarian Cakalele Bulu Ayang, tarian Dansa Tali, tarian Ron Pisang, Katreji, musik Totobuang dan Pukul Sagu tradisional.

Sementara itu pemerintah dan masyarakat Negeri Rutung melalui Raja Reza Valdo Maspaitella, menyampaikan selamat datang kepada peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022 dan tim Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 dalam event ke-18 kalinya, yacht rally di Negeri Rutung dan kota Ambon.