Berita

Nasdem Tolak Penundaan Pemilu 2024

×

Nasdem Tolak Penundaan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. (Foto/ANTARA)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai partai yang menggelorakan semangat reformasi, Partai Nasdem menolak wacana penundaan Pemilu 2024 yang dinilai melanggar konstitusi.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh lewat keterangan resminya di Jakarta, Selasa, 01/03/2022, mengatakan dengan tegas menolak wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, hal ini demi menempatkan kepentingan bangsa, partai Nasdem berbiara sesuai konstitusi dan akan berada paling depan dalam mematuhi aturan.

Partai Nasdem, tegas Surya Paloh, sangat teguh memegang aturan bernegara yang merujuk konstitusi yang ada. Ia juga mengajak kepada para elite partai politik untuk mematuhi konstitusi. “Tentu kita mengajak semua pihak, untuk tetap menggelar Pemilu,” ujar Surya.

4923
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dalam Pasal 22E Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menjelaskan, pemilihan umum dilakukan untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden, dan Wakil Presiden. Serta DPRD yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Di samping itu, ia tak melihat adanya alasan untuk menunda Pemilu 2024. Menurutnya, penundaan dapat dilakukan jika adanya keadaan yang genting, seperti perang dan bencana alam yang luar biasa terjadi.

Menurut Surya Paloh, kondisi negara saat ini dalam keadaan kondusif dan baik-baik saja. Sistem perekonomian juga menunjukkan tren positif dan penanganan pandemi Covid-19 terus membaik setiap waktunya.

Ia mendorong kepada seluruh kader Partai Nasdem agar mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 tepat pada waktunya. Seluruh kader partainya juga diminta tak menanggapi isu perpanjangan masa jabat presiden.