Musyawarah Kampung Adoh Putuskan Sejumlah Kegiatan Skala Prioritas

Foto bersama masyarakat kampung Adoh kabupaten Maybrat usai melakukan musyawarah bersama. Foto Ones. TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Musyawarah kampung Adoh distrik Ayamaru Jaya kabupaten Maybrat berhasil memutuskan beberapa kegiatan yang akan dikerjakan pada tahun 2021 ini.

Hasil musyawarah yang disepakati bersama adalah bidang Infrastruktur terdiri pembangunan 4 unit rumah layak huni bagi masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pemetaan wilayah kampung Adoh.

Sebagai tokoh pemuda kampung Adoh, Yohoswa Karet, ST, mengatakan, melalui pandangan umum telah disampaikan sumber alokasi Dana Desa tahun 2021 yang bersumber dari, APBN, ADK dan Respek.

Dengan total pagu dana sebesar Rp1,139,715,000,00, untuk anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 ini diperuntukkan untuk kegiatan yang berskala proritas seperti perumahan. “Untuk bidang kesehatan, kami juga siapkan anggaran Dana Desa (DD) Rp10.000.000 untuk belanja obat-obatan. Untuk biaya pendidikan ,kami berikan bantuan kepada mahasiswa/i kampung Adoh dalam masa studi akhir,” ujarnya, Kamis (13/5/2021).

Dikatakannya, di dalam anggaran tersebut juga terdapat insentif honor aparat kampung dan Bantuan langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat kampung Adoh.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Adoh, Zadrak Simohon, mempertegaskan kepada para penerima maanfaat pembangunan rumah, agar memahami situasi geografis desa Adoh dimana bentuk permukaannya cekuk, tidak beraturan, sehingga menelan biaya yang besar keluar dari RAB, seperti pekerjaan galian
pondasi dan timbunan, sehingga besar harapannya agar penerima maanfaat harus
swadaya dalam bekerja dan menyiapkan material agar mendukung pekerjaan pembangunan dengan lancar.