Berita

Musrenbang RKPD Kota Ternate Resmi Digelar

×

Musrenbang RKPD Kota Ternate Resmi Digelar

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman, saat membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate tahun 2023, di Ternate, Kamis (24/3/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate tahun 2023, di Ternate, Kamis (24/3/2022). Dalam kegiatan ini Wali Kota Ternate juga memaparkan program-program prioritas pembangunan tahun 2023.

1550
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurutnya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara bijaksana tentang visi, misi, dan agenda kepala daerah terpilih, dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan.

Menurut dia, RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026, merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate yang merupakan arah pedoman, sekaligus kompas untuk memandu.

“Sesuai arahan RPJMD program prioritas pembangunan tahun 2023 akan diarahkan kepada tiga tujuan, diantaranya adalah, peningkatan infrastruktur dasar, pengembangan iklim usaha yang kondusif, UMKM juga IMKM, peningkatan daya saing industry kreatif dan meningkatkan kemudahan akses pasar bagi masyarakat,” kata Wali Kota dalam sambutannya.

Dia mengaku, terdapat 5 program strategis yang saat ini telah diakomodir, yakni penanganan sampah perkotaan berbasis partisipatif masyarakat, pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan warung MAMA dan Om Ojek ANDALAN, penanganan air bersih perkotaan dan dukungan pemerataan pembangunan melalui Paduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti).

Wali Kota berharap, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang ini bisa lebih optimal pelaksanaannya, agar dapat mengimplementasikan visi misi dan mencapai target sasaran.

“Saya menggantungkan harapan kepada semua perangkat daerah, para Camat, para delegasi dan para pemangku kepentingan lainnya, mari bersama kita saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan forum dan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi, serta mampu menghasilkan program kegiatan yang lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi,” tandas dia.