Berita

Musim Buah, Rambutan dan Duku Banjiri Kota Sentani

×

Musim Buah, Rambutan dan Duku Banjiri Kota Sentani

Sebarkan artikel ini
Rambuata dan Duku yang dijajakan oleh pedagan buah kaki lima di sepanjang jalan Sentani - Doyo, kabupaten Jayapura.

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Musim buah-buahan di wilayah Sentani kebanjiran buah Rambutan dan duku yang di jajakan para pedagan kakli lima sepanjang jalan Kota Sentani – Doyo .
Musim panen buah rambutan dan duku kali ini banyak didatangkan dari wilayah Sabron maupun Dosay.

1512
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.


Marni, salah satu pedanggan buah yang keseharianya berjualan di sepanjang jalan Pertigaan Doyo Baru dan Doyo Lama mengaku, semenjak musim buah rambutan lebih banyak menjajakan buah rambutan yang di datangkan dari Sabron.

” Musim, jadi ini kami ambil dari petani di sana Sabron, baru kami jual lagi di sini ,” ujar Marni saat ditemui Rabu, 2 Maret 2022.


Lanjutnya, buah rambuta yang dijual Marni dibeli dari pemilik pohon di Sabron dengan harga kisaran Rp.20.000/ kg, kemudian di jual dengan harga Rp. 35.000 hingga Rp.50.000/kg tergantung dari jenis dan kualitas buah rambutan yang di pilih.

“Kalau yang harga beda-beda itu tergantung rasa dan kualitas buah, seperti rambutan Aceh dan lainya, ” katanya.


Berbeda dengan Yosepina, pedagang buah asli Papua yang menjual buah Duku mengaku berjualan dari hasil pohon milik sendiri yang di bawa dari Demta.

Yosepina menjual dengan harga sedikit lebih rendah dari pedagang lainya yakni Rp. 30.000.00/kg. Meski kualitas buahnya lebih segar dan manis.

” Karena dari pohon sendiri Kaka, saya hanya paling keluar diongkos kendaraan saja , selebihnya untuk kebutuhan keluarga hasilnya, ” tuturnya.