MTQ Kota Sorong Resmi Dibuka, Walikota Harap Tidak Sekedar Seremonial Belaka

Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M, saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ tingkat kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG -Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kota Sorong resmi dibuka Selasa (28/12/2021). Pembukaan dilakukan oleh Walikota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau,M.M, di Gedung L. Jitmau.

Walikota Sorong dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan satu dari sekian banyak tugas pembinaan kemasyarakatan, yakni pembinaan kehidupan beragama, dengan salah satu agenda penting pada tahun 2021 ini adalah pelaksanaan MTQ, yang merupakan upaya khusus untuk meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk mencintai Alquran, serta memahami isinya dan merealisasikan pemahaman tersebut di dalam kehidupannya.

“Perlu saya tegaskan bahwa pelaksanaan MTQ agar tidak larut dalam acara seremonial belaka di tengah pergeseran moral yang dirasakan pada seluruh dimensi kehidupan, spirit Al-Quran harus menjadi pegangan utama kesuksesan pelaksanaan MTQ bukan dari banyaknya peserta tapi implikasinya dalam kehidupan sehari-hari,”ujar Walikota Sorong.

Dikatakan Lambert, MTQ harus menjadi Wahana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Al-quran diturunkan oleh Allah SWT sebagai jalan dan dihadirkan dalam kehidupan manusia, untuk keluar dari kegelapan menuju kemajuan penuh hikmah.

“Kondisi masyarakat saat ini dinilai mengalami krisis akhlak dan kepercayaan, oleh karena itu perlu upaya meluruskan perilaku masyarakat dengan Alquran. Problematika masyarakat semakin kompleks dan tantangan yang timbul semakin rumit, gerakan yang mengarah kepada kerusakan moral dan mengubah tataran berpikir, serta keimanan kita terus terjadi. Untuk mengatasi itu semua Alquran adalah solusi yang tepat, “kata Lambert.

Lambert berpesan kepada dewan hakim untuk dapat memberikan penilaian yang objektif dan mengedepankan kejujuran MTQ berkualitas. Dan kepada peserta diharapkan berkompetensi dengan mengedepankan persatuan dan berlomba-lomba dengan kebaikan.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan MTQ tingkat kota Sorong tahun 2021 ini dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan menumbuhkan semangat, serta kesadaran umat Islam untuk memperdalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Alquran, ” tutur Walikota Sorong.

Pada kesempatan yang sama, H. Ahmad Lamba Rahangmetan, ketua 1 LPTQ kota Sorong mengatakan bahwa MTQ diselenggarakan setiap 2 tahun sekali sebagai wadah untuk menyeleksi para Qori Dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah dalam melantunkan Al-Quranul Karim secara baik benar dan indah, sekaligus dapat dijadikan momen untuk kembali mendengar, membaca dan mengkaji isi kandungan Alquran.

“Sehubungan dengan pelaksanaan MTQ tingkat kota Sorong pada tahun ini, saya merasa sangat bahagia dan gembira atas dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat kota Sorong, khususnya kepada bapak Walikota Sorong yang mana banyak memberikan bantuan dan dukungannya, sehingga acara ini dapat berlangsung, “ujarnya.

Dijelaskannya, MTQ yang diaksanakan pada hari ini merupakan awal dari tahapan seleksi untuk menjaring Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah terbaik yang akan mewakili kota Sorong pada ajang MTQ tingkat provinsi.

“Pelaksanaan MTQ yang sudah direncanakan akan menempati masjid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) kota Sorong. Lomba yang terbanyak ada dua bidang, yakni lomba Tilawatil Qur’an dan Tahfidz Qur’an, ” ucapnya.

Dia menegaskan, berdasarkan pengalaman-pengalaman pelaksanaan MTQ yang lalu-lalu bahwa yang akan mewakili kota Sorong Pada pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Papua Barat tidaklah harus yang juara 1, karena LPTQ akan melaksanakan pembinaan atau training center selama 1 bulan kepada juara 1,2,dan 3 untuk bisa mendapatkan Qori Dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah terbaik untuk berlomba di tingkat provinsi maupun nasional.