Ketua DPR RI Puan Maharani membagikan handphone (HP) kepada santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (20/3/2023). Foto: ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani membagikan handphone (HP) kepada santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sebelum diberi hadiah, para santri terlebih dahulu diminta maju ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan dari Puan.

“Coba santri yang berani silakan maju ke depan. Ibu kasi hadiah,” ucapnya di Ponpes Darul Ulum Kubu Raya, Senin (20/3/2023).

Puan pun mulai memberikan sejumlah pertanyaan kepada tiga orang santri dan seorang alumni yang dimintanya maju. Mereka diminta untuk menjelaskan tiga hal yang diketahui dari Ketua DPR RI.

“Ibu nama lengkapnya Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi. Bu Puan punya dua anak, laki-laki dsn perempuan. Kemudian Bu Puan adalah putri presiden kelima RI Ibu Megawati sekaligus cucu presiden pertama Bung Karno,” jawab salah seorang alumni yang maju ke atas panggung.

Puan kemudian kembali mengajukan pertanyaan soal jumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Barat serta meminta menyebutkan lima di antaranya. Dua orang santri putri yang duduk di bangku kelas XI MA Darul Ulum pun kompak menjawab pertanyaan Puan dengan tepat.

“Kalimantan Barat ada 12 kabupaten dan 2 kota,” ucap kedua santri itu.

“Sebutkan lima daerahnya,” tanya Puan lagi.

“Kubu Raya, Mempawah, Sanggau, Kapuas Hulu, dan Kayong Utara. Kalau kotanya Singkawang dan Pontianak,” timpal keduanya.

Selanjutnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabinet Kerja ini menanyakan tentang tiga makanan khas Kalimantan Barat. Seorang santri putra yang telah maju ke panggung pun berhasil menjawab pertanyaan itu dengan benar.

Puan tak langsung percaya dengan jawaban atas pertanyaan yang diajukannya. Untuk memastikan jawaban tersebut benar, dirinya lantas mengonfirmasinya kepada Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan yang juga turut hadir pada agenda tersebut.

“Gimana Pak Wagub? Benar gak jawabannya,” tanya Puan.

“Betul, Bu,” ucap Norsan.

Setelah mendapat konfirmasi dari Wagub Kalbar, barulah Puan menyerahkan hadiah itu kepada ketiga santri dan satu orang alumni Pesantren Darul Ulum. Seusai hadiah tersebut diserahkan, Puan lantas berpesan agar handphone tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Karena di sini santri tidak boleh main handphone, maka saya minta supaya handphone-nya digunakan pada saat-saat yang dibolehkan. Mohon digunakan dengan tujuan yang baik-baik,” harapnya.