Berita

Moeldoko: Revitalisasi Benteng Victoria Butuh Lahan dan Anggaran

×

Moeldoko: Revitalisasi Benteng Victoria Butuh Lahan dan Anggaran

Sebarkan artikel ini
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko saat menerima kunjungan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dan rombongan, di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, Kamis (17/9). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko, mendukung revitalisasi Benteng Victoria di Ambon. Hal ini diungkapkannya, saat menerima kunjungan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dan rombongan saat pertemuan di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, Kamis (17/9).

1506
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurut Moeldoko, dirinya sudah mendengar dan mengikuti perkembangan revitalisasi Benteng Victoria ini, termasuk semua upaya yang dilakukan pemerintah Kota Ambon yang telah melakukan pertemuan.

”Hal ini tidak terlalu sulit, karena baik pemerintah daerah maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura, sama-sama membutuhkan dan sama-sama untung. Apalagi KASAD sudah menyetujui,” tandasnya lewat siaran pers yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Jumat (18/9).

Moeldoko hanya mengingatkan yang harus disiapkan adalah lahan dan anggaran pembangunan. Untuk itu, dirinya mengatakan akan mendorong anggaran revitalisasi ini ke Bappenas, agar bisa dimasukkan dalam dalam rencana strategis.

“Yang perlu disiapkan adalah lahan dan anggaran yang dimasukkan dalam APBN. Oleh karena itu, kita akan bantu dorong ke Bappenas, agar anggaran revitalisasi Benteng Victoria ini bisa masuk dalam rencana strategis Bappenas dan bisa dimasukkan di tahun anggaran 2021,” ujarnya

Bahkan Moeldoko menegaskan, revitalisasi tidak boleh dipersulit, karena ini bukan untuk kepentingan komersial, tetapi untuk kepentingan pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

“Kita akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR, dan Kemenhan, untuk membicarakan realisasi revitalisasi ini. Karena ini hanya pindah bukukan, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu kita akan kerja keras supaya bisa di realisasikan,” ungkap mantan Panglima TNI ini.

Diakhir pertemuan, Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendampingi Moeldoko mengatakan, akan segera menjadwalkan pertemuan untuk mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemenhan, Kementerian PUPR, untuk membicarakan revitalisasi Benteng Victoria.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, Sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon, Feberien Maail, Asrendam XVI/ Pattimura, Kol. Inf Kurniawan, Aslog Kasdam XVI/Pattimura, Kol. Kav. Sugeng Waskito Aji, Kazidam XVI/Pattimura, Letkol Czi. Ubaidillah dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta.