Berita

Moeldoko Cap 3 Kabupaten di Tanah Papua Ini Sebagai Daerah Merah

×

Moeldoko Cap 3 Kabupaten di Tanah Papua Ini Sebagai Daerah Merah

Sebarkan artikel ini
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memberikan keterangan pers terkait kondisi di tanah Papua, Kamis (27/4/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan setidaknya ada tiga daerah merah di tanah Papua karena sering terjadi tindak kekerasan yang menimpa masyarakat sipil hingga aparat gabungan TNI-Polri.

Pertama di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Kedua, di Kabupaten Intan Jaya dan ketiga di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Saat ini di tanah Papua sendiri terdapat enam provinsi dan 42 kabupaten/kota, setelah dilakukan pemekaran wilayah beberapa waktu lalu.

4401
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Tetapi hanya tiga kabupaten yang memang kita nyatakan sebagai daerah merah karena di daerah itulah sering terjadi tindak kekerasan,” kata Moeldoko dalam keterangan persnya, Kamis (27/4/2023).

Menurut Moeldoko, di tiga kabupaten tersebut gerakan separatis kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua Merdeka kerap melakukan tindak pemerkosaan dan pembunuhan.

“Semuanya itu lebih ditujukan kepada masyarakat sipil, dilakukan terhadap anak-anak yang perlu mendapat perlindungan,” ucapnya.

Mantan Panglima TNI itu pun memaparkan pendekatan yang saat ini diambil pemerintah terkait Papua, yakni sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua.

Moeldoko pun meminta warga di sana harus memahami bahwa secara umum proses pembangunan di Papua tidak berkurang, justru berkesinambungan dan di sisi bersamaan pemerintah turut melakukan pendekatan kesejahteraan terhadap masyarakat Bumi Cenderawasih.

“Secara umum Papua dari sisi kesejahteraan cukup baik,” tuturnya.

Moeldoko menekanan, pemerintah akan menyeriusi realitas dalam beberapa waktu belakangan ini yang terjadi di Kabupaten Nduga, Puncak, dan Intan Jaya.

“Di tiga daerah itulah yang perlu mendapatkan perhatian serius, karena tugas negara bukan hanya memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, tetapi tugas negara memberikan perlindungan kepada rakyat, bangsa, dan negara,” kata KSP Moeldoko.