Berita

Modal Tabungan Sampah, Warga Sorong Bisa Bayar Iuran JKN

×

Modal Tabungan Sampah, Warga Sorong Bisa Bayar Iuran JKN

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ficky Trianto menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya, untuk memberikan fasilitas khususnya kepada peserta pada segmen PBPU atau Mandiri di Wilayah Kota Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dengan bermodalkan tabungan sampah, kini masyarakat Sorong Raya dapat membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

1552
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Hal tersebut merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan dan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya untuk mempermudah pembayaran iuran JKN bagi peserta JKN, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengelola sampah guna menjaga lingkungan tetap bersih.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ficky Trianto menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya, untuk memberikan fasilitas khususnya kepada peserta pada segmen Pekerja Bukan Perima Upah (PBPU) atau Mandiri di Wilayah Kota Sorong untuk mengumpulkan dan menjual sampah sesuai klasifikasinya kepada Bank Sampah Sorong Raya.

“Kemudian hasil dari penjualan sampah tersebut peserta akan diberikan tabungan, selanjutnya dari hasil tersebut akan dikonversi untuk pembayaran iuran JKN,” jelasnya, Senin (10/10/2022).

Menurut Ficky, selain membantu lingkungan tetap bersih dengan pengelolaan sampah yang baik, masyarakat mendapat keuntungan ekonomis dengan menabung sampah yang mana sampah tersebut akan dikelola oleh bank sampah dan akan menghasilkan sejumlah uang untuk tabungan sampah yang nantinya digunakan masyarakat untuk membayar iuran JKN.

Perwakilan Unit Bank Sampah Wilayah Melati Raya, Eko Rianto dalam sosialisasi bersama masyarakat sekitar bersama perwakilan BPJS Kesehatan belum lama ini menyampaikan akan lebih giat bersama masyarakat Wilayah Melati Raya untuk menyosialisasikan inovasi dari BPJS Kesehatan ini.

Ia pun menghimbau masyarakat yang telah mengetahui dan merasakan adanya pembayaran iuran JKN melalui tabungan sampah untuk berbagi informasi kepada kerabat terdekat masing-masing.

“Jadi untuk masyarakat yang merasa masih berat menyisihkan uang setiap bulannya untuk iuran JKN, dapat memanfaatkan sampah dirumah yang dikelola dan dapat ditabung pada Bank Sampah untuk membayar iuran JKN setiap bulannya. Kami mengharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat mempermudah masyarakat sekitar menjadi lebih peduli lingkungan bersih dan terjamin jaminan kesehatannya,” ujarnya.

Eko menambahkan, untuk Unit Bank Sampah Wilayah Melati Raya setiap hari Kamis jam 16:00 WIT sampai 18:00 WIT dilakukan penimbangan sampah yang telah dikelola dan dijadikan tabungan di Bank Sampah. Warga sekitar yang ingin memulai Program menabung di Bank Sampah untuk bayar iuran JKN dapat datang pada waktu tersebut.

Sebagai informasi, terdapat 20 Unit Bank Sampah yang aktif di Wilayah Bank Sampah Sorong Raya yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk dilakukan penyetoran sebagai tabungan sampah dan dikonversi menjadi iuran JKN.