Minggu Pertama PON, Empat Pasien Covid-19 Diisolasi

Kadiskes Merauke, dr. Nevile. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Empat pasien Covid-19 di Merauke jalani isolasi di Hotel Akat, setelah terkonfirmasi relatif antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke dr. Nevile Muskita menyampaikan, empat pasien tersebut merupakan panitia pelaksana PON dari luar Merauke. Harusnya isoter dilakukan di atas kapal, namun karena ketidaknyamanan sehingga dipindahkan ke hotel.

Untuk itu diharapkan dispilin protokol kesehatan (Prokes) harus lebih diperketat selama PON, guna mengantisipasi klaster PON.

“Saya kira tidak ada kata lain selain disiplin protokol kesehatan. Minimal pakai masker,” terang Nevile dalam interview corner di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (06/10).

Lanjut katanya, kondisi pasien sendiri menurut Nevile masih aman tanpa gejala. Namun ia mempertanyakan proses pemeriksaan dokumen dan prokes di bandara keberangkatan.

“Tergantung dari bandara keberangkatan, diperiksa betul atau tidak. Ini kita jaga bersama. Harusnya selektif sekali untuk memastikan dia bebas. Kalau dari bandara keberangkatan tidak terdeteksi dengan baik, akhirnya menjadi sumber penularan,” ungkap Nevile.

Sementara capaian vaksinasi di Merauke masuk 72 persen untuk dosis pertama, dan 46 persen untuk dosis kedua. Persentase ini sudah lebih dari target warga tervaksin sebelum PON yakni 70 persen.