Warga Jalan Suteja, Kilometer 12 Kota Sorong, saat beradu argumen dengan Pemerintah Kota Sorong, terkait pemakaman pasien PDP Covid-19, Jumat (24/4)

 487 total views (dibaca)

Sorong, TN – Warga yang bermukim di Jalan Suteja, Kilometer 12 Kota Sorong, melakukan penolakan terhadap pemakaman jasad seorang pria berinisial HR, Jumat (24/4).

Pasalnya, warga mengaku ketakutan akibat tempat tinggal mereka yang hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari tempat dimakamkannnya HR, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal pada Kamis (23/04) malam.

Menurut salah satu warga bernama Agustinus, ia bersama masyarakat setempat melakukan penolakan tersebut karena takut penguburan jenazah berstatus PDP itu dapat mengkontaminasi air yang mereka gunakan sehari-hari. Mengingat jarak antara pemukiman mereka dan lokasi penguburan yang sangat dekat.

“Kalau jaraknya 2 Kilometer tida apa-apa, tapi ini jaraknya bisa dilihat sendiri, cuma sekitar 300 meter. Kami khawatir penguburannya bisa mencemari air sumur yang setiap hari kami gunakan untuk mandi, cuci pakaian dan segala macam,” beber Agustinus yang ditemui tidak jauh dari lokasi pemakaman, Jumat (24/4).

Diakui Agustinus, sebenarnya ia dan warganya tidak masalah jika ada pasien PDP Covid-19 yang dimakamkan disana. Namun kata Agustinus, harus ada jarak minimal 2 kilometer antara lokasi pemakaman dan pemukiman warga.

“Kita sudah minta tolong digeser bukan dilarang agar sumur kami aman. Katanya jarak kuburan dengan tempat tinggal kami minimal 400 meter tapi kenyataannya tidak sampai 400 meter. Saya juga takut, jangan sampai kita mati bukan karena penyaki tapi karena ketakutan, karena sudah takut pakai air, takut keluar rumah dan lain-lain,”terang Agus

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Satgas Covid-19 kota Sorong Herlin Sasabone menjelaskan bahwa proses Penguburan jenazah Covid-19 sudah sesuai dengan SOP.

“Jenazah yang sudah dikuburkan tidak bisa dipindahkan lagi karena penguburan sudah sesuai dengan SOP. Kedepan apa yang menjadi ketakutan warga akan menjadi perhatian, sehingga kedepan penguburannya akan diperjauh,”ucap Herlin.

Pantauan media ini, warga akhirnya dapat menerima pemakaman jenazah HR. setelah pihak Pemerintah Kota Sorong berjanji tidak akan memakamkan lagi pasien Corona di lokasi yang sama dan akan diperjauh.

Berita lain untuk anda

182 Sampel Swab Dikirim Gustu C-19 Kota Sorong Ke Makassar, Berharap Ada Kesembuhan

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) Sorong,TN – Gugus tugas (Gustu) percepatan penanganan Covid-19 kota…

Dandim: Operasi Yustisi Sudah Direncanakan Sebelumnya

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Dandim 1501/Ternate, Letkol Inf R Moch…

Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi Peraturan Pilkades Serentak

 477 total views (dibaca)  477 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Bagian…

Tujuh Pasien Covid-19 di Sidrap Sembuh, Ini Kata Gubernur

 515 total views (dibaca)  515 total views (dibaca) Sidrap, TN – Tujuh pasien yang positif terpapar Virus…

Yayasan Mange-Mange Papua Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Tambrauw Sambut Pariwisata Berkelanjutan

 419 total views (dibaca)  419 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, TAMBRAUW- Yayasan Mange-Mange Papua bekerja sama dinas…

Hanya Setahun, Billy Karavdic Raih Lebih Dari Dua Juta Fans Likee

 758 total views (dibaca)  758 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Siapa yang tidak ingin menjadi populer dengan…

Ditlantas Polda PB Gelar Bagi Sembako dan APD C-19

 424 total views (dibaca)  424 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Jelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-74,…

DPD KNPI Kota Sorong Kolaborasi Lakukan Jumat Bersih

 1,331 total views (dibaca)  1,331 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- DPD KNPI Kota Sorong berkolaborasi dengan Yayasan…

Rapid Tes Menjelang Peringatan Hari Ibu di Kendari

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Ketua tim penggerak PKK Kota Kendari…

Vaksinasi Covid-19 Ditingkatkan Bagi Kelompok Sasaran Prioritas

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Vaksinasi Covid-19 terus ditingkatkan Pemerintah Kota…