Menteri PDTT Abdul Halim Hadiri Upacara HBT ke-72 di Merauke

Foto bersama Menteri PDTT di Lapangan Kapsul Waktu Merauke, Provinsi Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri upacara peringati Hari Bhakti Transmigrasi ke-72 tahun 2022 di Provinsi Papua Selatan.

Kesempatan tersebut sekaligus menyaksikan penandatanganan kesepakatan bersama antara Plt. Dirjen PPKTrans Ir. Rajumber Prihatin, Bupati Merauke melalui Wakil Bupati H. Riduwan, PT
IJS tentang penyerahan sebagian bidang lahan HPL. Penyerahan kunci rumah transmigrasi penempatan tahun 2022 sebanyak 17 KK, pemberian penghargaan kepada Marga Mahuze yang telah menghibahkan tanahnya untuk lokasi transmigrasi di Muting. Pemberian penghargaan kepada transmigran penduduk setempat terbaik, penyerahan bantuan program kegiatan Ditjen PPKTrans, dan peninjuan stand pameran.

Penyerahan kunci rumah transmigrasi dari Menteri PDTT kepada perwakilan penerima.

“Simbolisasi ini bagian penting dari pembangunan di Indonesia. Dan 72 tahun kegiatan program transmigrasi sudah membuktikan bahwa program ini memberikan bagian yang sangat positif bagi percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan meratakan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ucap Menteri PDTT di Lapangan Kapsul Waktu Merauke, Senin (12/12/2022).

Sejak dimulainya program transmigrasi, kini sudah ada provinsi daerah transmigrasi, 114 kabupaten dan 454 kecamatan. Pusat pemerintahan sudah terbentuk di basis-basis transmigrasi selama 72 tahun berjalan. Ditambah lagi, periode kedua Presiden Jokowi sedang gencar membangun Ibu Kota Nusantara yang di sekitar ibu kota baru tersebut merupakan wilayah transmigrasi.

“Ke depan kita ingin model transmigrasi jauh lebih spesifik, lebih bagus lagi sehingga persepsi terhadap transmigrasi harus betul-betul berubah,” tandasnya.