485 total views (dibaca)

Jakarta, TN- Guna Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Relokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa.

Penandatanganan Inpres tersebut langsung dijabarka isinya oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Inpres meminta Kementerian/Lembaga (K/L) mengutamakan alokasi anggaran yang ada untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai protokol penanganan,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari katadata.co.id, Selasa (23/3).

Dalam rinciannya, Sri Mulyani menginstruksikan para menteri atau pimpinan lembaga, gubernur, bupati, dan walikota untuk mengutamakan penggunaan anggaran yang ada untuk kegiatan yang mempercepat penanganan Covid-19.

Penggunaan anggaran mengacu pada protokol penanganan Covid-19 di K/L, Pemda dan rencana operasional yang ditetapkan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19. Selanjutnya, mempercepat pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan Covid 19.

Percepatan tersebut dilakukan dengan mempermudah dan memperluas akses sesuai undang-undang dan peraturan pemerintah (PP) terkait penanggulangan bencana, PP terkait Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah, dan Perpres Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dalam keadaan tertentu.

Selanjutnya, menteri, pimpinan lembaga dan pimpinan daerah diminta melakukan pengadaan barang dan jasa dalam rangka penanganan Covid-19 dengan melibatkan LKPP dan BPKP.

Pengadaan barang dan jasa alat kesehatan dan alat kedokteran untuk penanganan Covid-19 juga harus dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Sesuai Inpres, Sri Mulyani diminta menginstuksikan agar dapat memfasilitasi proses revisi anggaran secara cepat, sederhana, dan akuntabel.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diminta mengambil langkah percepatan penggunaan APBD dan/atau perubahan Peraturan Kepala Daerah tentang penjabaran APBD untuk percepatan penanganan Covid-19 kepada gubernur/bupati/walikota.

Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ditugaskan untuk mempercepat penyiapan dan pembangunan infrastruktur untuk penanganan Covid-19.

Sedangkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diinstruksikan mempercepat pemberian registrasi alat kesehatan dan kedokteran untuk penanganan Covid-19.

Sementara Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dan Kepala LKPP Roni Dwi Susanto diharapkan bisa melaksanakan tugasnya masing-masing dalam pendampingan, pengawasan keuangan, dan pengadaan barang dan jasa untuk penanganan pandemi ini.

Artikel ini sebelumnya ditayang dengan judul : Inpres soal Anggaran Covid-19, Ini Tugas Sri Mulyani hingga Terawan

Berita lain untuk anda

Wali Kota Makassar Tekankan Masyarakat Patuhi Prokes

 463 total views (dibaca)  463 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Perayaan hari raya Idul Fitri 1442…

Pasien Positif Covid-19 Di Merauke Bertambah Menjadi Tiga Orang

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) Merauke, TN – Sekretaris Dinkes Kabupaten Merauke, dr. Nevile…

PDP Positif Covid-19 di Merauke Bertambah Jadi Lima Orang

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) Merauke, TN – Kabupaten Merauke saat ini sudah ada…

Tahun Ajaran Baru, SMA di Merauke Terapkan Sistem Pembelajaran Lewat Daring

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)…

Pemkot Tidore Kepulauan Ingin Adanya Perubahan Luas Wilayah

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) Ternate, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan menginginkan…

Pemkot Kendari Sepakati Kontrak Kerjasama Dengan PT. SMI

 392 total views (dibaca)  392 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal…

Richard Rahakbauw “Terdepak” Dari Kursi Wakil Ketua DPRD Maluku

 434 total views (dibaca)  434 total views (dibaca) Ambon, TN – Richard Rahakbauw “terdepak” dari kursi Wakil…

Faujia H Tampubolon Umlati Dilantik Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Raja Ampat

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Pengambilan sumpah dan janji bupati dan wakil…

Tiga Rumah Warga Di Doom Ludes Terbakar

 430 total views (dibaca)  430 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak tiga rumah warga yang berlamat di…

Diduga Lakukan Pengancaman Lewat WA, Briptu DS Dipolisikan

 411 total views (dibaca)  411 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Lantaran diduga melakukan pengancaman lewat akun…