446 total views (dibaca)

Aimas, TN – Pemilik akun face book Muhammad Iksan Palebangan, menjadi buronan anggota Banser se-Papua Barat. Penyebabnya, pemilik akun FB ini mengunggah status yang bernada menghina dan ujaran kebencian, terkait wafatnya Satkornas Banser, Ir. H Alfa Isnaeni.

Pemilik akun FB Muhammad Iksan Palebangan menjadi buronan Banser se-Papua Barat, akibat unggahan statusnya terkait meninggalnya Satkornas Banser, H Alfa Isnaeni.

Melalui unggahan statusnya, pemilik akun ini menyebut meninggalnya Panglima Banser itu sebagai Bangke Nusantara, yang dituliskan pada gambar keranda jenazah. Komitmen Banser sebagai ormas penjaga ideologi bangsa dan keutuhan NKRI, juga dijadikan bahan olok-olok di akun FB ini, dengan menulis; Semoga diterima amalan Paling Pancasila beliau dan dilipatgandakan Jariyah NKRI Harga Matinya.

“Ini sebuah olok-olok yang tidak patut dilakukan terhadap sosok pemimpin kami yang sudah meninggal dunia. Ini sudah keterlaluan,” kata Abdul Salam, Sekretaris PW Ansor Papua Barat, Minggu (15/3/2020).

Atas hinaan dan pelecehan itu, Ansor dan Banser Kabupaten Sorong saat ini memburu pemilik akun tersebut. Pada Sabtu (14/3/2020) lalu, rombongan Ansor dan Banser mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Sorong untuk mengadukan masalah tersebut.

Bersama-sama anggota Polres Sorong, rombongan Ansor dan Banser ini bersama-sama mencari pemilik akun FB tersebut, ke tempat-tempat yang biasa menjadi persinggahan pemilik akun ini.

“Sejauh ini belum kami ketahui rumah pemilik akun tersebut. Dan kami terus koordinasi dengan aparat kepolisian, agar tidak terjadi tindakan yang melanggar hukum dari sahabat-sahabat Banser,” ujar Salam.

Sebelumnya, Salam sendiri mengaku sudah berupaya menghubungi nomor ponsel yang bersangkutan, untuk diajak bicara baik-baik mengenai maksud dan tujuan unggahan status FB itu.

“Nomornya aktif. Tapi saya telpon tidak diangkat, saat WA juga tidak dibalas. Karena tidak ada itikad baik dari yang bersangkutan, maka kami teruskan masalah ini ke jalur hukum. Hari ini kami resmi membuat Laporan Polisi (LP) atas perkara ini,” tandasnya, Minggu (15/3/2020).

Ansor dan Banser berkoordinasi dengan aparat kepolisian, untuk mencari pemilik akun FB, Muahammd Iksan Palebangan.

Dalam data pribadinya, pemilik akun Muhammad Iksan Palebangan menulis belajar dan bekerja  di Unimuda Kabupaten Sorong. Pemilik akun ini juga menyebut dirinya sedang menekuni profesi sebagai hipnoterapis.

Ketua PCNU Kabupaten Sorong, H Rofiul Amri berharap aparat kepolisian mengusut tuntas masalah ini, hingga ada putusan hukum yang dijatuhkan kepada terlapor. Langkah hukum yang ditempuh Ansor dan Banser adalah sudah tepat, agar memberi efek jera kepada yang bersangkutan,  juga peringatan kepada pengguna media sosial lainnya.

“Tetapi gandeng aparat keamanan, jangan sampai (Banser) dianggap persekusi,” pesan Rofiul Amri. **

Berita lain untuk anda

BKAD Tertibkan Aset Pemprov Sulsel di Bulukumba

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Badan…

Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC Thabiskan Empat Imam

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius…

Arti Penting Mesin X-Ray Bagi Pejabat Karantina

 434 total views (dibaca)  434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pendalaman kompetensi dalam mendukung tugas fungsi…

Tujuh Pasien Covid-19 di Sidrap Sembuh, Ini Kata Gubernur

 492 total views (dibaca)  492 total views (dibaca) Sidrap, TN – Tujuh pasien yang positif terpapar Virus…

Warga Beberkan Dugaan Penyalahgunaan DD di Leahari

 467 total views (dibaca)  467 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Warga Negeri Leahari, Kecamatan Leitimur Selatan,…

Meningkat Signifikan, Positif Covid-19 Kota Sorong Kini Berjumlah 583 Kasus

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kasus positif COVID-19 di Kota Sorong terus…

Polisi Bentuk Timsus Kejar Kawanan Kriminalitas

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) Manokwari,TN- Tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) atau begal…

Pembersihan Material Tanah Longsor di Batu Meja Mulai Dilakukan

 1,425 total views (dibaca)  1,425 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – BPBD Kota Ambon, bersama Taruna Siaga…

Deklarasi Kampanye Damai, PMK2 -AYO Teken Pakta Integritas Prokes

 418 total views (dibaca)  418 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Dua pasangan calon Bupati dan Wakil…

Hari Pertama Random Check Antigen di Bandara Mopah Merauke, Hasilnya Negatif

 444 total views (dibaca)  444 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka pencegahan penanggulangan wabah virus…