Menhub RI Apresiasi Kesiapan PON XX Papua di Merauke

Menhub tinjau Stadion Katalpal Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan PON XX Papua Tahun 2021 di Klaster Merauke, Sabtu (25/09/2021). Kunker Menhub RI ke Merauke adalah untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana perhubungan penunjang PON XX di Merauke.

Sesampai di Bandara Mopah Merauke, Menhub didampingi Bupati Merauke Romanus Mbaraka, rombongan menteri dan forkopimda memantau bus angkutan PON bantuan Kementrian Perhubungan yang diparkir di areal Bandara Mopah. Usai dari Bandara dilanjutkan dengan pantauan di Pelabuhan Laut Merauke dan peninjauan Stadion Katalpal Mopah.

“Saya lihat bandaranya bagus, indah sesuai dengan Kota Merauke yang indah karena bupatinya planner, sehingga kotanya jadi indah. Kalau kita punya bandara, kita juga harus memastikan konektifitasnya. Ada 7000 atlet yang akan ke sini, dan kita memastikan koordinasi berjalan baik. Ada puluhan bus yang ditempatkan di sini, saya harapkan dapat digunakan dengan baik agar para atlet dapat memenuhi jadwal yang sudah ditentukan. Saya lihat persiapannya cukup baik dan saya mengapresiasi,” ujar Menhub.

Lanjut Menhub mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kapal untuk isolasi terapung (Isoter) bagi penderitaan Covid-19 dengan kapasitas 300 bad.

“Kalau selama PON ada yang positif kita guankan itu, sehingga hotel-hotel yang ada bisa digunakan untuk kepentingan PON,” terang Budi Karya.

Merauke menurutnya sangat strategis untuk pergerakan barang-barang tol laut. Secara nasional sudah diketahui Merauke adalah daerah surplus beras, sehingga Kemenhub menambahkan satu kapal untuk keliling dari Merauke-Timika-Jayapura dan satu lagi mengelilingi NTT dan sesekali akan berkunjung ke Merauke.

Saya mengharapkan Pak Bupati konsen dengan produksi beras, produk ini makin baik dan menjadi centra pangan Indonesia bagian timur. Tol laut adalah upaya kita semua untuk menghilangkan disparitas harga, tetapi juga memberikan nilai positif kepada para petani agar beras-beras didistribusikan secara baik. Kami sudah lakukan koordinasi dengan Bulog, Timika minta beras dari Merauke. Dialog seperti ini sangat bagus, Pemda proaktif mengumpulkan barang, dinamika seperti ini yang saya hargai. Kekatifitas Pak Bupati patut dijadikan contoh untuk daerah lain terkhusus surplus pangan,” sebut Menhub.

Selain kapal tol laut yang sudah ada, Kemnhub sudah menugaskan dua kapal untuk masuk melalui sungai untuk mengangkut penumpang. Kemenhub terus berupaya ada konektifitas tol laut, tol sungai dan tol udara.

Kesempatan itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyampaikan ucapan terimakasih support dari Kemenhub demi kemajuan daerah ujung Timur Indonesia, terlebih kunker dalam rangka PON.

“Kami di Papua sudah komit bahwa PON bisa terlaksana dengan aman, tertib, lancar karena taruhan harkat dan martabat Indonesia di tengah Covid-19. Kami menjamin untuk kemanaan dan ketertiban serta sukses PON XX Papua tahun 2021 di tanah Papua,” ungkap Romannus.

Lanjut Romanus mengutarakan bahwa produk beras Merauke lagi dikejar untuk bisa mencapai kualitas pasar internasional. Pascapanen penanganan dimulai dari pengeringan sampai dengan packing, diharapkan pada Desember 2021 beras Merauke bisa tembus kualitas beras yang memenuhi syarat pasar internasional.

“Terimakasih Pak Mentri, terimakasi Oak Jokowi bisa dukung kami dengan kapal untuk bisa ke NTT, Maluku dan keliling Papua. Terimakasih juga untuk Gubernur Papua, beliau janji bahwa semua kebutuhan beras PNS akan disuplay lewat Timika untuk daerah pegunungan,” tutup Romanus.