Menggunakan Dana Kelurahan, Dua MCK Segera Dibangun untuk Warga Karang Indah

Lurah Karang Indah Merauke, Willibrodus Sabon Duran. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dengan menggunakan dana kelurahan, di tahun 2023 ini Kelurahan Karang Indah Merauke akan bangun dua unit MCK dan sumur bagi masyarakat setempat.

Salah satunya akan dibangun di daerah Biankuk dan satu titik lainnya masih dalam proses penentuan lokasi. Selain itu, dilakukan penimbunan jalan pada gang lingkungan serta perbaikan tempat yang dipusatkan untuk kegiatan posyandu.

“Tahun ini pagu kelurahan yang kami terima senilai 1 miliar, lebih menurun dibandingkan tahun lalu. Namun kami upayakan agar pagu yang ada dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” terang Lurah Karang Indah Merauke, Willibrodus Sabon Duran, Selasa (23/5/2023).

Sebelumnya, di tahun 2022 ada tiga MCK dan sumur yang dibangun. Masing-masing di belakang Rumah Sakit dekat gereja Katolik, kemudian di belakang Bank Mandiri dan di jalan Perindustrian. Usai dikerjakan, tetap dilakukan pengontrolan agar fasilitas yang dibantu tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar.

“Setelah dibangun, selama saya menjabat sebagai lurah, saya selalu mengontrol agar bangunan dan fasilitas yang ada dimanfaatkan dengan baik. Dan sejauh ini memang sangat bermanfaat sehingga masyarakat merasa terbantu,” sambung Willibrodus.

Disoroti mengenai kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, diakuinya kesadaran warga masih kurang. Masih membuang sampah tidak pada tempat, membuang di drainase dan pinggiran jalan meski pihak kelurahan terus berkampanye soal kebersihan dan melakukan kerja bakti pembersihan sampah.

Dikhawatirkan, tumpukan dan serahkan sampah akan menimbulkan wabah demam berdarah, malaria karena jenis sampah yang dapat membuat genangan air akan mempercepat perkembangbiakan nyamuk pembawa malaria dan demam berdarah. Begitupun penyebaran penyakit lainnya bisa terjadi karena lingkungan yang tidak bersih.

“Kami tetap mengajak warga untuk terbiasa hidup dalam lingkungan yang bersih dan sehat. Harapan kami, kesadaran warga semakin meningkatkan,” tandasnya.