Mendag Luncurkan Agenda Sail Tidore 2022

Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan, saat meluncurkan agenda Sail Tidore 2022. Foto-TEMPO.CO/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan meluncurkan agenda Sail Tidore 2022. Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran internasional yang berlangsung di perairan Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendongkrak popularitas daerah yang memiliki keindahan wisata di Tidore, Maluku Utara,” ujar Zulkifli seperti yang dikutip dari TEMPO.CO, Rabu (12/10/2022).

Perhelatan Sail Tidore ke-12 itu berlangsung pada 24-29 Oktober 2022 di Tidore, Maluku Utara. Kegiatan ini mendatangkan pelayar internasional dari berbagai negara.

Zulhas menjelaskan, Tidore merupakan kerajaan tua. Daerah ini memiliki hubungan dagang erat dengan Sumatera, Kesultanan Aceh, Deli, Banten, Cirebon, Kudus, hingga Pontianak. Sebab, Maluku Utara adalah salah satu jalur rempah.

Penduduk Tidore pun dikenal gigih dalam hal mengembangkan rempah-rempah. Daerah ini, pada era lampau, bahkan kesohor sebagai penghasil rempah-rempah di mata dunia. Zulhas berharap Sail Tidore 2022 yang dihelat dengan tema “Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa” mampu mengingatkan masyaraka Indonesia bahwa daerah ini merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting.

“Agar seluruh masyarakat Indonesia tahu, bahkan dunia tahu, ada Tidore di Maluku Utara,” kata Zulhas.