Mayat Sesosok Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tergantung di Pohon

Mayat sesosok pria tanpa identitas ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, di sekitar kawasan Tanjung Hihar, Negeri Leahari, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Minggu (29/11/2020) sekitar pukul 11.30 WIT. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Mayat sesosok pria tanpa identitas ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, di sekitar kawasan Tanjung Hihar, Negeri Leahari, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Minggu (29/11/2020) sekitar pukul 11.30 WIT.

Mayat pria itu ditemukan dalam keadaan tergantung di pohon, dengan menggunakan tali rafia atau plastik. Saat ditemukan, tidak ditemukan indentitas korban. Bahkan, warga di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) tidak mengenal korban.

Saat ditemukan, korban menggunakan Switer warna Abu-Abu, kaos Warna Abu-abu, Celana panjang taktical warna Cokelat, serta mengguna sepatu taktical warna Coklat.

Kondisi jenazah sudah membusuk, daging wajah sudah tidak utuh, karena sudah terlihat tengkorak. Diperkirakan korban meninggal dunia sudah sekitar 3 minggu.

Saksi mata, Jastin Matitaputy (30), warga Negeri Rutong mengaku, bahwa awalnya sekitar pukul 11.00 WIT, dirinya berangkat dari rumahnya menuju kawasan Hutan Tanjung Hihar, Negeri Lehari untuk memotong dan mengambil kayu, guna keperluan di rumahnya.

Sesampainya di kawasan Hutan Hihar, dirinya langsung masuk dan berjalan menyusuri hutan untuk mencari kayu. Saat tiba di sekitar TKP, ia mencium bau busuk, namun tidak terlalu menghiraukan dan berpikir bau tersebut adalah berasal dari bangkai binatang, dan ia terus melangkah maju sambil melihat ke kiri dan kanan utk mencari kayu yang diperlukan. Dan tanpa disengaja, dirinya melihat sosok orang tergantung di pohon.

“Awalnya saya mengira bahwa apa yang saya lihat adalah boneka dan bukan orang. Namun setelah saya mendekat, ternyata yang saya lihat adalah sosok manusia, dan bukan boneka,” kata dia kepada wartawan, Minggu (29/11/2020) malam.

Menurut dia, setelah mengetahui hal tersebut, dirinya langsung kembali dan melaporkan penemuannya tersebut kepada ketua Saniri Negeri Leahari, Rony Diaz, dan selanjutnya dilaporkan kepada pihak Kepolisian, yakni Polsek Leitimur Selatan.

Pada pukul 12.00 WIT, tiba personil Polsek Leitimur Selatan tiba, dan langsung mengamankan TKP dengan memasang garis polisi. Polisi kemudian melakukan olah TKP. Dari hasil olah TKP yang dilakukan oleh Tim Identifikasi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Secara pasti penyebab kematian korban belum diketahui. Hal ini dikarenakan, tidak ada saksi yang melihat kejadian dimaksud, dan masih menunggu hasil pemeriksaan medis terkait keadaan fisik jenazah.

Jenazah korban telah di evakuasi dari TKP, dan saat ini sudah berada di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Tantui Ambon guna dilakukan tindakan medis selanjutnya.