Maulid Nabi, Umat Muslim Di Kota Sorong Diminta Teladani Sifat Rasulullah SAW

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW,  yang jatuh pada 12 Rabiul Awal, Kamis (29/10/2020).

Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan akan keteladanan Nabi Muhammad. Pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia, banyak dirangkai dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan.

“Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW  mengingatkan kita kembali terhadap sifat tauladan Rasulullah yang ditinggalkan kepada kita umat Islam. Bagaimana kita dituntut untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW yang selalu menebarkan kebaikan terhadap sesama,” ujar H. Abdul Muthalib, selaku panitia pelaksana perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di kota Sorong kepada media ini, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, pada peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, merupakan momentum bagi umat Islam terkait dengan upaya membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan karakter, perilaku, dan sifat Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

Abdul menceritakan, di masa itu, Nabi Muhammad banyak mengalami cobaan dan tantangan dalam kehidupannya, akan tetapi Nabi Muhammad tetap ikhlas serta konsisten dalam aktivitas dakwah.

“Ajaran dan sunnah Rasulullah bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – sehari, seperti melakukan kebaikan tanpa pamrih dan tanpa berharap imbalan karena semuanya diamalkan dengan niat suci penuh keikhlasan diri, ” ucapnya.

Disamping itu, Abdul mengungkapkan, meski tahun ini perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam masa pandemi Covid-19, namun umat muslim kota Sorong tetap antusias merayakannya. Seperti perayaan Maulid Nabi di masjid Al-akbar Sorong.

“Dalam perayaan Maulid ini tetap sama seperti tahun lalu, ada perpaduan seremonial dan tradisional. Karena pandemi Covid-19, panitia menganjurkan masyarakat yang hadir untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Sehingga pelaksanaan berjalan sebagaimana anjuran pemerintah, “pungkasnya.