Masyarakat Ternate Diimbau Waspada Bencana

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Ihsan Hamzah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Masyarakat di Kota Ternate diimbau untuk mewaspadai bencana alam yang bisa datang kapan saja, apalagi beberapa hari belakangan ini Kota Ternate sering diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang terjadi pada sore hingga malam hari.

“Apalagi bagi masyarakat yang mendiami bantaran sungai, dan daerah-daerah yang berada di pegunungan yang rawan bencana alam tanah longsor, untuk mewaspadai kondisi cuaca yang terjadi beberapa hari belakangan ini,” imbau Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Ihsan Hamzah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Selasa (28/6/2022).

Untuk itu pihaknya, kata dia, telah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk bisa memantau dan mengantisipasi adanya potensi-potensi bencana di Kota Ternate.

“TRC terus memantau kondisi wilayah-wilayah yang diidentifikasi masuk dalam daerah yang rawan terjadi bencana baik banjir, tanah longsor maupun potensi bencana lainnya,” ungkap Ihsan.

Bukan saja itu, Ihsan juga mengingatkan serta meminta peran serta aparatur kecamatan, kelurahan dan RT/RW untuk bersama-sama memantau daerah-daerah rawan bencana.

“Jika ada potensi-potensi bencana, maka harus segera laporkan, agar kita segera mengambil langkah. Saya juga minta seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi kondisi di lingkungan masing-masing,” pinta Ihsan.