Masyarakat Asli Papua Antusias Ikut Lomba Dayung Tradisional

Lomba dayung tradisional di Telaga Borep Permai Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lomba dayung tradisional dengan gaya bebas diikuti sekitar 98 masyarakat asli Papua yang diselenggarakan di Telaga Blorep Permai Merauke, Senin (7/2/2022) dibuka Wakil Bupati H. Riduwan.

Lomba dayung tradisional ini masih rangkaian kegiatan HUT Kota Merauke ke-120 tahun 2022. Peserta dibagi dalam kelompok putra dan putri asli Papua yang berasal dari kategori umum atau tidak dibatasi usia.

Wakil Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat asli yang begitu semangat untuj ikut berlomba. Di sini kemampuan tim diuji kecepatannya untuk mencapai finish.

“Yang dinilai adalah kecepatan untuk sampai ke finish,” ujar Sadra selaku Koordinator Lapangan Seksi Lomba Dayung.

Peserta berasal dari sekitar Kota Merauke dan beberapa kampung juga ikut berpartisipasi. Juara 1 mendapat uang pembinaan Rp 1.700.000, juara 2 Rp 1.500.000 , juara 3 RP 1.300.000 dan juara 4 sebesar Rp 1.000.000.

Sadra mengatakan pihaknya tidak membatasi peserta, jika ada yang masih nau mendaftar selama lomba berlangsung maka diberikan kesempatan. Sebab perlombaan ini adalah ajang hiburan untuk HUT Kota Merauke tahun ini.