Berita

Masuk Tiga Besar Terbaik di Asia Pasifik, Bandara Pattimura Diberi Penghargaan

×

Masuk Tiga Besar Terbaik di Asia Pasifik, Bandara Pattimura Diberi Penghargaan

Sebarkan artikel ini
Foto Bandara Internasional Pattimura Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Bandara Internasional Pattimura Ambon masuk tiga besar sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik. Penghargaan ini diberikan Airport Council International (ACI) dalam penilaian pelayanan bandara Airport Service Quality (ASQ) tahun 2021.

Prestasi yang diraih Bandara Internasional Pattimura Ambon menjadi kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

Pasalnya, Bandara Pattimura Ambon meraih peringkat ketiga di Asia Pasifik dengan skor 4,89, untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun, pada triwulan kedua 2021 (April-Juni).

4921
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana menyatakan, pencapaian ini adalah peningkatan dari peringkat bandara pada triwulan pertama 2021. Saat itu, Bandara Pattimura Ambon menempati posisi ke-8 dengan skor 4,65.

Bandara Pattimura Ambon, lanjutnya, memiliki wajah baru setelah pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang rampung dengan total luasan terminal menjadi 16.090 meter persegi, dari sebelumnya seluas 10.270 meter persegi.

“Prestasi ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri, sebab saat ini Bandara Internasional Pattimura Ambon juga baru diperbaiki. Bandara ini menampilkan wajah baru setelah dilakukan pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang,” ujar Pribadi Maulana kepada wartawan, di Ambon, Jumat (20/8/2021).

Dikatakan, pengembangan ini telah menambah total luas terminal menjadi 16.090 meter persegi dari sebelumnya 10.270 meter persegi. Dengan luas ini, kapasitas terminal penumpang dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang setelah sebelumnya hanya 860 orang.

Di sana juga dilakukan penambahan ruang usaha baru menjadi 90 ruang usaha dan satu ruang tunggu yang dilengkapi garbarata.

“Beautifikasi dan perluasan terminal penumpang ini mempertegas posisi Bandara Pattimura sebagai leisure airport,” kata dia.

Pribadi Maulana mengaku, pencapaian ini juga menjadi wujud dari komitmen dan upaya PT. Angkasa Pura I (Persero) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna Bandara Pattimura Ambon.

“Selanjutnya, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam mengoperasikan Bandara Pattimura Ambon, sehingga peringkat tersebut dapat ditingkatkan,” tandas Pribadi Maulana.