Berita

Masuk Tahap Evaluasi Mandiri, Diskominfo Sandi dan BPS Lanjut Pertemuan EPSS

×

Masuk Tahap Evaluasi Mandiri, Diskominfo Sandi dan BPS Lanjut Pertemuan EPSS

Sebarkan artikel ini
Diskominfo Sandi Kota Ambon, kembali mengadakan pertemuan dengan BPS Kota Ambon, terkait dengan EPSS. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon, kembali mengadakan pertemuan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ambon, terkait dengan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

1557
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Hari ini, kita melaksanakan rapat penilaian mandiri EPSS, yang dihadiri oleh BPS Kota Ambon selaku pembina data, dan tim penilai internal yang melibatkan Bappeda dan Diskominfo Sandi,” ungkap Kadis Kominfo Sandi, Joy Adriaansz kepada wartawan, Senin (22/5/2023), di ruang kerjanya.

Dikatakan, pertemuan itu adalah pertemuan lanjutan, setelah sebelumnya dilaksanakan sosialisasi yang digelar, dengan mengundang BPS Kota Ambon sebagai pemateri, sekaligus tim penilai badan atau instansi.

Menurutnya, untuk tahun ini produsen data yang menjadi sampel penilaian, berasal dari dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dan Dinas Perikanan.

“Disperindag dan Dinas Perikanan menjadi sampel. Penilaian mandiri dilaksanakan, guna mengevaluasi setiap kegiatan statistik yang telah dijalankan oleh kedua OPD tersebut,” urainya.

Lanjutnya, dalam pertemuan yang dilaksanakan pada Ruang Rapat Command Center tersebut, merupakan proses penilaian mandiri, yang akan terus berlanjut selama satu bulan kedepan.

“Dalam waktu satu bulan lebih ini kita lakukan evaluasi dengan berpedoman pada 38 indikator yang terbagi dalam 5 domain, prinsip Satu Data Indonesia (SDI), kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dia berharap proses hari ini, sampai dengan waktu berakhirnya di akhir bulan Juni dapat berjalan dengan baik.

“Evaluasi EPPS ini akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan statistik di Kota Ambon. Selanjutnya guna menjawab hasil yang telah didiskusikan hari ini, maka beberapa hari ke depan tim EPSS yang dikoordinir oleh Diskominfo Sandi akan mengunjungi ke dua OPD tersebut,” tutup Adriaansz.