Berita

Masterplan Smart City di Raja Ampat Pacu Pengembangan Pariwisata Prioritas

×

Masterplan Smart City di Raja Ampat Pacu Pengembangan Pariwisata Prioritas

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap II Penyusunan Masterplan Kota Cerdas “Smart City” bertempat di aula Bappeda kantor Bupati Raja Ampat. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pemerintah kabupaten (pemkab) Raja Ampat sebagai dewan pelaksana Smart City bekerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap II Penyusunan Masterplan Kota Cerdas “Smart City” bertempat di aula Bappeda kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (23/9/2021).

1472
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sekretaris daerah (Sekda) Raja Ampat, Dr Yusup Salim, M.Si, mengatakan melalui Bimtek tersebut dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta dalam rangka menyusun masterplan rencana kota cerdas tersebut yang akan menjadi unggulan dari Kabupaten Raja Ampat. 

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang ada di Kabupaten Raja Ampat serta relevansi dalam rangka penyelesaian konsep kota cerdas tersebut,” ujar Yusuf Salim.

Dikatakannya, Bimtek tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengembangan Smart City yang menjadi program dari Kemkominfo bekerja sama dengan kementerian lainnya untuk pengembangan Smart City di kawasan pariwisata seperti di kabupaten Raja Ampat. “Untuk kawasan pariwisata Raja Ampat menjadi salah satu pengembangan Smart City,” terangnya.

Dikatakannya, ditengah laju perkembangan teknologi, berbagai kota di seluruh indonesia bahkan dunia berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat dan terbaik dalam implementasi Smart City.

“Tentu saja tujuan utamanya adalah mewujudkan kota yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.
Raja ampat sebagai destinasi wisata kelas dunia yang juga merupakan kawasan wisata prioritas nasional Untuk itu perlu adanya master plan smart city,” terang Yusup Salim.

Menurutnya, melalui master plan Smart City terjadi sinkronisasi dan sinergi perencanaan sehingga akan lebih cepat dalam proses mendorong pengembangan smart city di kabupaten raja ampat.

“Pelatihan bimtek penyusunan master plan smart city ini merupakan bimtek tahap II karena sebelumnya pada tanggal 28 Juni 2021 telah dilakukannya Bimtek tahap I.
Hal ini juga untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, efektif dan efisien dalam pelayanan publik,” tandas Sekda Yusup Salim.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan seluruh aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kabupaten Raja Ampat memahami dengan baik hal tersebut. “Smart City ini juga perlu kita arahkan guna mencapai visi misi pemerintah Kabupaten Raja Ampat di bawah Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat periode 2021 – 2024 yaitu Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat (GEMPAR EMAS),” tutup Yusup Salim melalui sambutan Bupati Raja Ampat