Massa Aksi Tolak Perppu Cipta Kerja Memblokade Jalan Depan Gedung DPR

Kondisi jalan Gatot Subroto, depan Gedung DPR RI di blokade massa aksi tolak RUU Ciptaker, Selasa (14/3/2023). (Foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Massa aksi penolakan Perppu Cipta Kerja memblokade akses Jalan Gatot Subroto dari arah semanggi menuju Grogol, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan pantauan tim TeropongNews, pada Pukul 16.40 WIB, sejumlah massa menghentikan dan menduduki kendaraan yang melintas.

Ratusan massa aksi dengan cepat menaiki salah satu truk yang melintas sambil mengibarkan bendera identitas.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Liga Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (LMID), Rivaldi Haryo Seno mengatakan ini adalah bentuk sikap massa aksi yang tidak percaya dengan kepemimpinan DPR sebagai instansi tertinggi masyarakat.

“Blokade ini adalah bentuk kemarahan bagi kelas buruh dan mahasiswa serta petani yang sidah jengah akibat atas perilaku DPR dan pemerintah yang tidak mengakomodir aspirasi rakyat,” ucapnya dilokasi, Selasa (14/3/2023).

Sementara itu, salah satu orator diatas mobil komando mengatakan massa aksi tidak akan membubarkan diri menunggu keputusan rapat DPR bersama Badan Musyawarah (Bamus) agar tidak mengesahkan RUU Cipta Kerja.

“Kita siap untuk bertahan untuk lebih sabar. Kita akan tetap bertahan sampai Perppu Cipta Kerja tidak disah kan,” ucapnya dengan pengeras suara.

Diberitakan sebelumnya, massa yang terdiri dari elemen masyarakat seperti petani, buruh, nelayan, masyarakat adat, perempuan, mahasiswa, pelajar, masyarakat miskin pedesaan dan perkotaan, serta kelompok rentan lainnya, menuntut DPR RI mencabut UU Perppu Cipta Kerja.

Di sisi bersamaan, Anggota DPR RI tengah menggelar Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023 hari ini di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Jakarta Selatan.