Maret 2021, KKMU Kota Sorong Akan Gelar Musda ke-IV

Rapat panitia Musda IV bersama rayon-rayon KKMU kota Sorong yang berlangsung di marina Mamberamo hotel Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU) kota Sorong menggelar rapat panitia Musyawarah Daerah (Musda) IV di Marina Mamberamo Hotel Sorong, Sabtu (6/2/2021).

Rapat panitia ini melibatkan semua rayon yang terrepresentasi dari 2 kota dan 7 kabupaten yang ada di Maluku Utara.

Dari hasil rapat tersebut disepakati bahwa pelaksanaan Musda IV akan digelar pada 13 Maret 2021 di F-Two Hotel Sorong, dengan agenda pemilihan ketua KKMU kota Sorong periode 2021-2026.

Ketua panitia Musda IV KKMU kota Sorong, H. Umar S. Kadaton S. H, M. Si menjelaskan bahwa rapat panitia Musda ini merupakan kelanjutan dari agenda rapat panitia yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

“Jadi perlu diketahui ini bahwa hari ini adalah kelanjutan rapat Musda IV yang sempat tertunda kemarin. Untuk pelaksanaan Musda IV nanti agendanya kita mulai dari pendaftaran peserta, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua KKMU, ” jelas H. Umat di Marina Mamberamo hotel Sorong.

Dikatakan H. Umar, terkait sistematika pemilihan ketua KKMU pihaknya masih akan membahasnya lagi pada saat pelaksanaan Musda IV.

Sejauh ini kata, H. Umar, sudah empat orang yang diusulkan oleh rayon-rayon untuk mencalonkan diri, yakni Abdul Latif dari rayon Tidore, H. Noval Ajuan dari rayon Halmahera selatan, Niko Tajo dari rayon Halmahera Barat, dan Petrus Kaburu dari Halmahera Utara.

“Yang sudah terdaftar ada empat kandidat, tapi tidak menutup kemungkinan ada penambahan atau malah pengurangan. Tergantung situasional dalam pelaksanaan Musda nanti, jadi belum ada calon tetap. Untuk sistem pemilihannya nanti kan dibicarakan di dalam Musda. Hingga hari ini sudah ada empat orang yang mencalonkan diri yakni

H. Umar menambahkan, pada Musda nanti pihaknya juga akan membahas pilar organisasi Maluku Utara dan pilar dari pemuda-pemuda yang ada di setiap rayon. Apakah pemuda-pemuda tersebut bisa diikutsertakan dalam pemungutan suara atau tidak.

“Perlu ditegaskan, kami punya rencana pilar, yaitu pilar organisasi Maluku Utara dan pilar dari pemuda-pemuda dari setiap rayon. Itu nanti dibahas di dalam Musda, apakah mereka bisa ikut serta didalam pemungutan suara atau tidak,”tegasnya.

Ketua KKMU kota Sorong, H. Syamsudin Ajam, S. Sos, M. Si,. (Foto:Mega/TN)

Pada kesempatan yang sama, ketua umum KKMU Kota Sorong, H. Samsudin Ajam, S. Sos, M. Si menyampaikan terimakasih kepada seluruh rayon yang sudah berpartisipasi dengan menyumbangkan sebagian rejekinya untuk kelanjutan Musda ini.

“Marilah kita sama-sama saling pengertian dan menghargai. Dinamika atau perselisihan yang telah kita alami kemarin itu adalah pengalaman besar, dan kali ini saya harap tidak terulang lagi. Saya yakin ketua panitia akan membawa kegiatan ini dengan baik. Semoga Musda ini berjalan aman, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, “pungkasnya.