Berita

Manajemen KFC dan Amplaz Ditegur Pemkot Ambon, Ada Apa?

×

Manajemen KFC dan Amplaz Ditegur Pemkot Ambon, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Pertemuan antara Pemkot Ambon, KFC Ambon Plaza (Amplaz), dan manajemen Amplaz, terkait dengan pengelolaan limbah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memberikan teguran bagi gerai KFC Ambon Plaza (Amplaz), dan manajemen Amplaz, terkait dengan pengelolaan limbah restoran cepat saji itu.

1479
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Asisten II Sekretaris Kota Ambon, Fahmi Salatalohy mengungkapkan, Pemkot Ambon telah melakukan dengan kedua belah pihak, yakni tenant dan manajemen, menyusul laporan bahwa limbah dari KFC telah meluber dan mencemari lingkungan.

“Hasil pertemuan itu, Pemkot melakukan penyedotan terhadap limbah yang telah penuh, dan ternyata limbah tersebut kurang lebih 20 tahun tidak disedot, sehingga yang ada saat ini bukan saja berupa limbah cair, tapi sudah menjadi endapan,” ungkapnya kepada wartawan, di Ambon, Kamis (23/6/2022).

Dia menyatakan, pengelolaan limbah pada mall tertua di Kota Ambon itu, seharusnya menjadi tanggung jawab pihak manajemen bukan tenant atau penyewa, sehingga dalam dalam kasus ini manajemen Amplaz dinilai lalai.

“Pihak pengelola akan bertanggungjawab, terhadap penyedotan limbah yang dilakukan Dinas DLHP dan Dinas PU Kota Ambon,” ungkap Salatalohy.

Ia mengungkapkan, kontrak KFC di Amplaz akan berakhir pada tahun 2023, apabila diperpanjang, maka Pemkot Ambon akan melakukan kajian terhadap perjanjian kontrak, dengan memasukan klausul terkait pengelolan limbah.

“Kami akan inisiasi dalam klausul kontrak terkait penyedotan limbah ini, agar dilakukan rutin oleh manajemen Amplaz, karena itu menjadi tanggung jawab mereka. Untuk saat ini Pemkot Ambon hanya memberikan teguran dan penyedotan limbah,” tegas Salatalohy.

Dia berharap, teguran yang diberikan akan menjadi pelajaran bagi manajemen Amplaz dan KFC, untuk lebih memperhatikan tanggung jawab pengelolaan limbah, agar tidak mencemari lingkungan.