Mama Waropen Pamerkan Teh Gaharu dan Sambal Siput di KMAN

Produk teh gaharu yang ditampilkan Mama-mama Papua asal Kabupaten Waropen di stand kuliner KMAN di Sentani Jayapura.

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Masyarakat adat dari Kabupaten Waropen Papua membawa misi sosial terkait hak-hak masyarakat adat, serta menampilkan kuliner khas Waropen pada kongres masyarakat adat nusantara (KMAN) di Kabupaten Jayapura.

Kuliner khas yang ditampilkan mama-mama Papua asal Waropen di stand UMKM yang telah disiapkan panitia UMKM di Stadion Barnabas Youwe Sentani adalah teh gaharu dan sambal siput.

Salah satu pembuat teh gaharu, Mama Ina menuturkan, produk teh gaharu diolah dengan bahan tradisional dari pohon gaharu. Diproduksi oleh kelompok-kelompok usaha masyarakat di Waropen.

“Kami produksi sendiri, bahannya dari kayu gaharu, sangat berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit,”ujar Mama Ina ditemui di sela-sela kegiatan, Senin (24/10).

Lanjutnya, untuk kuliner sambal siput juga diolah secara tradisional menggunakan bahan baku lokal yakni siput dan kerang. Ia berharap kuliner khas Waropen yang ditampilkan selama KMAN di Jayapura pada 24-30 Oktober 2022 dapat memperoleh sambutan yang positif.