Berita

Mahasiswa Uncen Demo Tolak KTT G20 di Bali

×

Mahasiswa Uncen Demo Tolak KTT G20 di Bali

Sebarkan artikel ini
Aksi demo mahasiswa Uncen Jayapura, menolak KTT G20. Mereka menilai KTT G20 tidak memberikan kontribusi bagi Papua. Foto-NestaMakuba/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura Papua menggelar aksi demo, Rabu (16/11/2022). Aksi tersebut berlangsung di Kampus Uncen Abepura.

Demo ini merupakan protes para mahasiswa terhadap pergelaran Konfrensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) yang sementara berlangsung di Pulau Dewata Bali.

Dalam orasi, mahasiswa mengganggap bahwa KTT G20 sama sekali tidak memberikan kontribusi ataupun manfaat terhadap persoalan Papua, yang saat ini sudah menjadi isu internasional.

4921
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mahasiswa Uncen demo tolak KTT G20.

Para mahasiswa juga menyerukan situasi pelanggaran HAM, pembunuhan serta pembungkaman hak demokrasi di Tanah Papua. Mahasiswa yang berorasi juga mengkritik kehadiran beberapa pemimpin dunia di dalam KTT G20 yang memiliki andil di PBB.

“KTT G20 ini menghadirkan kepala negara yang mempunyai andil di PBB, ada pelanggaran HAM terjadi di Papua, seharusnya ini menjadi isu internasional yang dibawa ke KTT G20,”lugas salah satu mahasiswa dalam orasinya.

“KTT G20 tidak memberikan kesejahteraan untuk Papua, mereka hanya akan memberikan kepahitan bagi orang Papua,”timpalnya.

Pantauan teropongnews.com, aksi demo puluhan mahasiswa ini dikawal ketat aparat kepolisian Polresta Jayapura, Brimob Polda Papua, dan diback-up personil TNI dari Kodim serta Koramil Abepura. Terlihat juga aparat kepolisian menyiagakan 1 unit mobil water canon.