LKP Papua Terdepan Wisuda Peserta Didiknya

Peserta didik program Aviation Security tahun akademik 2022 yang diwisuda. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Papua Terdepan Aviation & Hospitality Institute mewisudakan 22 peserta didiknya, Kamis (22/12/2022) di Kyriad M Hotel Sorong, Papua Barat Daya.

Peserta didik program Aviation Security tahun akademik 2022 itu diwisuda usai mengikuti pelatihan selama 6 sampai 8 bulan.

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh Kepala Bandara DEO Sorong, Cece Tarya, pimpinan maskapai, pejabat TNI/Polri dan para orang tua wisudawan.

Direktur LKP Papua Terdepan, Dermawan Kusuma Saputra mengatakan 22 peseta didiknya yang diwisuda hari ini sudah berkompeten siap pakai.

“Mudah-mudahan ke depannya kita dapat mencetak lagi insan penerbangan yang berkompeten. Memang program kita di Papua Barat Daya ini dalam rangka untuk membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) supaya punya daya saing, dan mereka juga siap pakai dan siap kerja di dunia industri khususnya di bidang penerbangan, pariwisata dan perhotelan,”ujar Dermawan.

Menurutnya, usaha penerbangan, bandara maupun pusat pengelola pariwisata bisa mengambil SDM dari LKP Papua terdepan yang siswanya sudah terdidik dan terlatih, sehingga tidak perlu lagi mengambil SDM dari luar.

“Kita yakin anak-anak Papua juga sanggup dan mampu jika mereka mengikuti pelatihan dan pendidikan di dunia penerbangan. Kita di Papua Juga sudah terkoneksi dengan LKP pusat, artinya dari pusat di Jakarta mendukung kita,” jelasnya.

Bahkan, kata Dermawan, peserta didiknya memiliki sertifikat kompetensi dan berlaku nasional terutama di bidang Aviation Security.

Aviation Security (AVSEC) adalah mereka yang bekerja di perusahaan Ppnerbangan seperti maskapai penerbangan atau pengelola Bandara. Tugas Utama AVSEC adalah menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan,”terangnya.

“Anak-anak Papua tidak perlu lagi jauh-jauh mencari sekolah penerbangan di luar Papua, sebab di Kota Sorong sudah ada sekolah penerbangan yang bisa bersaing dengan yang ada di daerah lain,”pungkasnya.