Lindungi Anak Dari Serangan Hepatitis Akut Misterius, Komnas PA Dirikan Posko Darurat

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Guna memberikan perlindungan anak dari serangan hepatitis akut misterius, Komnas Perlindungan Anak sebagai institusi perlindungan anak independen di Indonesia dirikan posko darurat darurat hepatitis akut misterius bagi anak Indonesia.

Posko darurat hepatitis akut misterius ini juga didirikan di masing-masing kantor Lembaga Perlindungan Anak (LPA) di seluruh Nusantara.

Posko hepatitis akut misterius yang mematikan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat umtu mendapatkan informasi akurat mengenai bahaya hepatitis akut yang sudah menyerang anak-anak dihampir 20 negara,

Yang mana kasus tersebut telah dilaporkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI.

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa, posko ini juga menyediakan informasi yang perlu diketahui masyarakat mengenai gejala-gejala dan ciri-ciri anak terserang hepatitis akut misterius yang perlu diwaspadai dan cara pencegahannya.

Disamping itu, kata Arist, posko ini juga menyediakan ambulan reaksi cepat secara gratis dan pemberian obat-obatan dan vitamin.

“Untuk keperluan Posko itu,kami juga menerima bantuan matetial dan alat-alat kesehatan. Obat-obatan dan vitamin, serta pinjaman mobil ambulan reaksi cepat,”ujar arist kepada teropongnews.com, Selasa (10/5/2022).

Arist mengatakan, bantuan dapat diberikan dan disalurkan ke Sekretariat Komnas Anak di Jln. TB. Simatupang No. 33 Pasar Rebo. Jakarta Timur dan di tiap-tiap kantor LPA di daerah-daerah di seluruh nusantata.

Untuk operasional dan kerja cepat posko hepatitis akut ini, Komnas Perlindungan Anak juga menerima relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan serangan hepatitis akut misterius.

“Demi kepentingan perlindungan anak atas kesehatan anak, saya mendorong LPA di seluruh Nusantara untuk segera mendirikan posko penanggulangan serangan hepatitis akut misterius di masing-masing daerah, dan di kantor perwakilan Komnas di masing-masing daerah Propindi, Kabupaten dan kota,”pungkasnya.