Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Maluku, Benhur G Watubun, saat memimpin senam Sicita, di areal Tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Jumat (20/5/2022). Foto-Ist/TN

 1,609 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar senam Sicita atau Indonesia Cinta Tanah Air, yang dilakukan secara serentak, dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2022 di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Sebanyak 135 kader dan simpatisan PDIP di seluruh Indonesia akan dilibatkan Dalam kegiatan dimaksud. Bukan saja kader dan simpatisan, senam Sicita juga melibatkan masyarakat.

Senam Sicita ini juga ditargetkan, bakal tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai senam dengan peserta terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di tanah air.

Puncak kegiatan peringatan Gari Kebangkitan Nasional dan pemecahan Rekor MURI diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dan dipimpin oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai yakni Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP Wirjanti Sukamdani, Wakil Sekjen Sadarestuwati dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Pemecahan rekor MURI ditandai dengan kegiatan senam Sicita secara serentak di seluruh kabupaten/kota dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan Youtube serta aplikasi media sosial lainnya.

Di Maluku, senam Sicita dipimpin langsung oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Maluku, Benhur G Watubun, di areal Tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Jumat (20/5/2022). Sementara di Kota Ambon, dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Ambon, Gerald Mailoa.

Untuk diketahui, Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022, dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Senam yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga, telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kemenpora RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

Menurut Kemenpora, senam Sicita telah memenuhi standar persyaratan senam, memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, udah dilakukan seluruh masyarakat tua, muda dan anak-anak serta memiliki musik yang dinamis, nasionalis dan unsur daerah.

Selain upaya pemecahan Rekor Indonesia ini, Panitia HUT PDIP juga menggelar kompetisi Gebyar Sicita yang mencakup tiga katagori yakni katagori kader, katagori umum dan katagori pelajar/mahasiswa. Dalam babak kualitfikasi, ratusan tim yang berasal dari 30 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten kota mengirimkan timnya untuk berkompetisi.

Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam Sicita dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal. Tim juri yang terdiri dari para pesenam profesional dan akademisi telah selesai menilai seluruh tim dan memilih para finalisnya. Saat ini para finalis telah mengirimkan video yang akan dipertandingkan di babak final.

Rencananya para juara kompetisi Gebyar Sicita 2022 ini akan diumumkan dalam Rakernas PDI Perjuangan yang diselenggarakan awal Juni 2022.

Selain itu, DPP PDI Perjuangan telah menyiapkan sejumlah mobil, senam yang dicipta khusus dengan sound system dan panggung untuk memudahkan kader mengajak masyarakat untuk menggelar senam Sicita.

Berita lain untuk anda

Tokoh Pemuda Papua Kecewa Tidak Ada Peringatan Sumpah Pemuda di Jayapura

 494 total views (dibaca)  494 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI –  Tokoh Pemuda Kabupaten Jayapura Bernard Taime…

ADWI 2021, Kampung Arborek Raja Ampat Raih Juara 2 Kategori Daya Tarik Wisata

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGBEWS.COM, RAJA AMPAT – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif…

BPJS Kesehatan Cabang Sorong Beri Keringanan Tunggakan Iuran

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan…

Ratusan Pasukan Marinir Berhasil Rebut Pantai Arar Yang Dikuasai Musuh

 460 total views (dibaca)  460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Ratusan Prajurit Korps Marinir TNI…

Pandemi Covid-19 Sangat Mempengaruhi Perekonomian

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan…

Vaksinasi di Sulsel Capai 5,1 Juta Orang

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus…

RR Akhirnya Angkat Suara Soal Ketidakhadirannya di Rapat Paripurna PAW

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku,…

PT. Pertamina Bangun Puluhan Pertashop di Merauke dan Boven Digoel

 551 total views (dibaca)  551 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sejak 2021 lalu PT. Pertamina telah…

Begini “Akal Bulus” BWS Tutupi Bobroknya Proyek Air Baku Mahia

 1,910 total views (dibaca)  1,910 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku diduga…

Polres Merauke Gandeng Sejumlah Pihak Salurkan Bantuan di Panti Asuhan

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Meski Pandemi Covid-19 belum berakhir, Polres…