lezatnya Kapurung Khas Polopo, Ini Resepnya!


TEROPONGNEWS.COM – Kapurung adalah kuliner khas asal Palopo, Sulawesi Selatan yang memliki citarasanya sangat unik dan lezat. Kuliner ini sangat bergizi dan banyak dijumpai di rumah makan tradisional khususnya di daerah Sulsel. Kapurung kini sudah tersebar hampir di semua daerah di kota-kota se nusantara.

Jika anda ingin membuatnya sendiri, berikut bahan dan caranya :

Bahan-bahan:

1 buah Jagung, disisir pakai pisau

1 buah Jeruk nipis

1 sdm ebi udang kering di uleg

3 sdm air asam jawa

3 buah bawang putih diiris tipis

4 buah bawang merah diiris tipis

secukupnya Garam

secukupnya Gula

secukupnya Merica bubuk

2 ekor ikan salem(atau jenis ikan kembung/tongkol/tuna)

1,5 liter Air matang/air minum

100 gram tepung sagu+350ml(untuk papeda/Kapurung nya)

1 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara memasak:

Buat Kapurung /papeda: larutkan tepung sagu dengan 350ml air sampai tercampur rata, kemudian panaskan diatas kompor sambil diaduk hingga mendidih dan mengental dengan warna bening, matikan kompor dan sisihkan. Setelah dingin buat bola bola dengan menggunakan sendok sayur dan sendok makan dimasukkan ke mangkok yg berisi sedikit air(kurlebih 1/4 bagian mangkok)

Kuah ikan: siapkan panci sedang diatas kompor, hidupkan api, tuang 1sdm minyak sayur, tumis bawang hingga harum, masukkan potongan ikan, kemudian masukkan air dan aduk pelan sebentar, masukkan air asam jawa, beri garam gula merica/lada secukupnya, aduk rata, cicipi apakah sudah pas rasanya, kalau sudah pas tunggu hingga mendidih dan matikan api. Sisihkan…

Kuah sayur Kapurung : ambil potongan ikan kemudian pisahkan daging dan duri nya, buang durinya dan haluskan/suwir-suwir dagingnya.. Didihkan kembali kuah ikannya, masukkan bayam dan jagung aduk sebentar hingga layu, kemudian masukkan ebi yang sudah dihaluskan/diuleg, masukkan suwiran ikan, cicipi rasa kembali sudah enak atau belum, tambahkan perasan 1/2buah jeruk nipis, tunggu hingga mendidih kemudian matikan api.

Penyajian: masukkan beberapa bola bola sagu ke dalam mangkok kemudian di siram dengan kuah sayur. Jika suka diberi perasan jeruk nipis sedikit. ( sbr: cookpad.com)