Berita

Lepaskan Ratusan Ekor Penyu, Kapolres R4 Himbau Warga Jaga Kelestarian Alam

×

Lepaskan Ratusan Ekor Penyu, Kapolres R4 Himbau Warga Jaga Kelestarian Alam

Sebarkan artikel ini
Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran SIK MIK dan Tim Patroli, Kepala Kampung Gag Muhdas Umar, dan Kelompok nelayan warga Kampung Gag saat Pelepasan ratusan Penyu ke laut Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran SIK MIK bersama Tim Patroli melaksanakan kegiatan penyelamatan biota penyu laut dan pelestarian (penangkaran red) penyu di Kampung Gag Distrik Waigeo Barat Kepulauan Kabupaten Raja Ampat. Disela-sela pelepasan penyu, Kapolres himbau warga jaga kelestarian alam.

1468
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan tersebut bertempat di lokasi Penangkaran Penyu Kelompok Nelayan Kampung Gag Distrik Waigeo Barat Kepulauan. Pelepasan Penyu hasil penangkaran kelompok nelayan warga Kampung Gag Binaan PT Gag Nikel tersebut dipimpin langsung Kapolres AKBP Edwin Parsaoran SIK MIK Jumat (18/11/2022).

Sebelum menuju lokasi kegiatan Pelepasan ratusan penyu guna pelestarian biota laut penyu di Kabupaten Raja Ampat., Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran SIK MIK melaksanakan apel pengecekan TIM Patroli. Apel merupakan agenda rutin dalam Kepolisian sebelum dan sesudah melaksanakan sebuah kegiatan.

Kabag Ops Polres Raja Ampat selaku pembawa acara memimpin giat tatap muka bersama Kapolres Raja Ampat dengan tokoh masyarakat Kampung Gag dan juga kelompok masyarakat penyelamat biota laut penyu, dalam kegiatan tersebut turut hadir kepala Kampung Gag Muhdas Umar.

Dalam sambutannya kapolres menghimbau untuk masyarakat sama-sama membantu kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Raja Ampat termasuk Kampung Gag, selain itu, Kapolres Raja Ampat menghimbau agar warga masyarakat menjaga kelestarian lingkungan terutama biota laut seperti penyu.

“Mari kita sama-sama menjaga kamtibmas di kampung GAG dan mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan ekosistim laut khususnya biota laut penyu, karna tanpa campur tangan kita semua ekosistim penyu akan punah,” ujar Kapolres Raja Ampat seraya mengajak warga diwajibkan jaga kelestarian alam.

Kapolres Raja Ampat juga mengapresiasi kelompok nelayan penyelamatan penyu di kampung Gag yang terus eksis hingga saat ini.

“Saya mengapresiasi kelompok nelayan penyelamat penyu d kampung GAG, yang hingga saat ini masih exis dalam penangkaran penyu,” ungkapnya.

Pelepasan penyu oleh Kapolres Raja Ampat, PJU Polres dan pemerintah kampung sebanyak 100 penyu yang telah berumur 1 hingga 4 bulan, yang kemudian dilepaskan di pantai teteruga Beach.

Kegiatan Pelepasan ratusan ekor penyu dilaksanakan dan dilaporkan juga situasi aman dan kondusif.