Lanut DMA akan Ditempatkan Pesawat Tempur

Penyambutan Pangkoopsud III di Bandara Mopah Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pangkoopsud III Marsda TNI Samsul Rizal M.Tr (Han) didampingi Ketua PIA AG.D.III Koopsud III Ny. Wiwin Samsul Rizal beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud J. A Dimara Merauke, Senin (21/3/2022).

Kunker kali ini merupakan bagian dari program kerja Koopsud III, salah satunya di Lanud DMA, guna melihat dan mengevaluasi program kerja yang sudah dilakukan untuk lebih ditingkatkan lagi.

“Ini adalah kesempatan saya bisa langsung melihat kondisi yang ada di Lanud Merauke, dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI di wilayah Papua bagian selatan,” terang Pangkoopsud di VIP Room Merauke.

Dikatakan, sesuai rencana kerja, Lanud DMA adalah bagian yang nanti akan dikembangkan dengan menempatkan pesawat tempur, namun tetap melihat kemampuan keuangan. Mengingat sebelum menghadirkan pesawat tempur, butuh kesiapan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai.

“Saya kira itu tetap menjadi agenda prioritas kita, khususnya di wilayah selatan Papua,” ucap Pangkoopsud III.

Terlebih, sambung Pangkoopsud, dengan adanya pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) nanti, maka rencana pembangunan bisa saja lebih dipercepat karena kebutuhan akan kehadiran militer. “Dengan harapan ada tambahan anggaran dari pemerintah yang bisa kita percepat,” pungkasnya.

Terlepas dari itu, kembali pada fungsi pertahanan yaitu bagaiman mengantisipasi kemungkinan ancaman dari luar dan menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan.