Lantamal XIV Dan Bandara DEO Sorong Bersinergi Hijaukan Pesisir Pantai

Prajurit Lantamal XIV saat menanam bibit pohon Mangrove. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong bekerja sama dengan Bandar Udara kelas 1 DEO Kota Sorong melaksanakan kegiatan penanaman pohon Mangrove, bertempat pesisir pantai ujung Bandara DEO Sorong, Rabu (29/09/2021).

Kegiatan penanaman pohon Mangrove ini, dalam rangka pelaksanaan program pembinaan lingkungan hidup dengan tema “Peduli Penghijauan Lingkungan dan Penguat Ekonomi Masyarakat Pesisir Cinta Indonesia.”

Mama-mama Papua saat membawakan bibit pohon Mangrove untuk ditanam di pesisir pantai Bandara DEO. (Foto:Mega/TN)

Hutan mangrove dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan bagi berbagai macam jenis binatang laut, seperti ikan, kepiting dan lainnya serta sangat penting untuk menyokong kehidupan serta sumber oksigen. Lantamal XIV dan semua pihak dapat membantu dan berperan penuh di dalam melestarikan serta menghijaukan hutan mangrove karena manfaatnya dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI Imam Musani menjelaskan, penanaman bibit Mangrove itu juga dalam merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT TNI ke -76.

“hari ini, kita melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 2500 pohon. Tujuannya, untuk melindungi aset negara yang berupa Bandara sehingga terhindar dari abrasi, yang memang posisi bandara itu berada di tepi pantai, “jelas Danlantamal XIV.

Lebih lanjut dikatakan Danlantamal XIV, fungsi hutan Mangrove secara umum sebagai paru-paru dunia, tempat penyimpanan air dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.

“Kawasan hutan mangrove di pesisir Kota Sorong yang masih terjaga kelestariannya hanya di kawasan Bandara Deo, mari sama-sama kita jaga agar anak cucu kita nantinya dapat menikmati, ” ajak Danlantamal XIV.