Kunjungan Kerja ke Sorong, Luhut Binsar Soroti Sejumlah Pembangunan Infrastruktur

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja di kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja di kota Sorong, Kamis (11/8/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kemajuan pembangunan yang ada di Papua Barat, khususnya yang ada di kota Sorong.

Usai melakukan pertemuan tertutup bersama seluruh kepala daerah se-Papua Barat dan unsur Forkopimda, Luhut mengatakan bahwa pada kunjungannya itu ia ingin mensinkronkan mengenai pembangunan infrastruktur di Papua Barat.

“Pada kunjungan ini sebenarnya ingin mensinkronkan lagi mengenai pembangunan infrastruktur di Papua Barat ini, jadi proyek-proyek apa yang sudah jalan, dan apa masalahnya,”ujar Luhut.

Luhut menilai, sejumhlah pembangunan infrastruktur pembangunan yang ada di Papua Barat sudah cukup bagus. Namun ia juga mengingatkan masalah kebersihan.

“Tadi saya ingatkan juga masalah kebersihan seperti sampah plastik. Ya karena bisa jadi mikro plastik dimakan ikan, lalu ikan itu di makan manusia, orang kita tuh jadi bodoh-bodoh nanti,”ucap Luhut.

Tak hanya, itu ia juga mengingatkan kepala daerah perihal pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kabupaten Sorong agar bisa difungsikan dengan baik.

“Jadi perlu segera diputuskan apa karang disekitar itu mau diledakkan atau apa sehingga KEKnya itu bisa berfungsi,”tuturnya.

Di samping itu, Luhut juga menyinggung soal perijinan kelapa sawit. Menurutnya jika di daerah tersebut tidak kunjung dilakukan pembangunan kelapa sawit, ia meminta agar perijinannya dicabut oleh KLHK.

“Jadi jangan biarkan kita disandera oleh orang lain,”pungkasnya.

Selanjutnya, Luhut Binsar beserta rombongan akan menuju ke Waisai, Kabupaten Raja Ampat untuk meninjau sejumlah pembangunan infrastruktur yang ada di sana.