Berita

KRI Bawal-875, Kapal Patroli Cepat Milik TNI AL Resmi Beroperasi di Lantamal XIV Sorong

×

KRI Bawal-875, Kapal Patroli Cepat Milik TNI AL Resmi Beroperasi di Lantamal XIV Sorong

Sebarkan artikel ini
KRI Bawal-875 saat sandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kapal patroli cepat yang diberi nama KRI Bawal-875 kini berlabuh di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong, Jumat (7/10/2022).

1505
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kapal yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ary Mahayasa, S.T., M.M.S. itu berukuran 60 meter dengan lebar 8,5 bobot 440 sampai dengan 520 ton.

Dibuat oleh PT Caputra Mitra Sejati (CMS), kapal perang ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knots. Sedangkan kecepatan jelajah dapat mencapai 17 knots dan kecepatan ekonomis 15 knots.

Komandan KRI Bawal-875, Letkol Laut (P) Ary Mahayasa, S.T., M.M.S. (Foto:Mega/TN)

“KRI Bawal ini sendiri buatan PT CMS yang ada di Banten. PT CMS ini membuat dua kapal yakni KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875. Untuk KRI Bawal sendiri kita berada di bawah jajaran Koarmada III dalam hal ini Lantamak XIV Sorong. Jadi untuk area patrolinya di sekitaran Lantamal XIV Sorong,”jelas Komadan KRI Bawal 875, Letkol Laut (P) Ary Mahayasa, S.T., M.M.S.

Dijelaskannya, kapal tersebut diklaim memiliki ketahanan berlayar selama 8 hari dengan jarak jelajah 3000 mil laut dan dapat mengangkut 50 personel.

Sementara untuk persenjataannya, kapal perang ini akan dilengkapi dengan meriam utama (single barrel) 40 milimeter yang berkemampuan tracking system dengan dilengkapi laser range finder, IR camera dan day camera.

Dengan demikian, senjata tersebut mampu ditembakkan dari fire control system, serta 2 unit meriam 12,7 milimeter.

Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksma TNI Imam Musani, S.E,.M.SI,.M.TR. Opsla saat menyambut kedatangan KRI Bawal 875 di Dermaga Lantamal XIV Sorong. (Foto:Mega//TN)

Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksma TNI Imam Musani, S.E,.M.SI,.M.TR. Opsla saat menyambut kedatangan KRI Bawal 875 di dermaga Lantamal XIV berpesan kepada personil kapal, agar merawat dan menjaga Alutsista baru itu dengan rasa bangga, ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Saya juga berpesan kepada seluruh anggota KRI Bawal yang bergabung di Lantamal XIV agar mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Perhatikan budaya-budaya daerah dan jangan sampai kita berada di wilayah Papua ini menjadi salah satu dari bagian masalah, tetapi yang saya harapkan adalah kehadiran kalian merupakan salah satu dari solusi dan penyelesaian berbagai macam masalah,”jelas Danlantamal XIV.

Untuk itu, sambung Danlantamal XIV, bina hubungan yang baik antar anggota KRI dan dengan prosedur personil yang ada di Lantamal XIV maupun Koarmada III, serta seluruh masyarakat yang ada di wilayah Papua Barat ini, khususnya dan pada umumnya di wilayah Papua, termasuk Maluku Utara.

“Karena wilayah Lantamal XIV itu masuk provinsi Maluku Utara juga sampai Lanal Ternate dan Morotai,”pungkas Danlantamal XIV.